Saturday, October 12, 2013

Berkunjung Ke Pesona Coastal Area Karimun

LIBURAN Hari Raya Idul Adha bingung mau kemana ? Bagi warga Karimun mungkin Coastal Area bisa menjadi pilihan. Tempat wisata  yang berada di sepanjang bibir pantai laut Karimun ini menjanjikan keindahan dan kenyaman dalam menikmati hari libur bersama anggota keluarga.

Kawasan wisata Coastal Area yang dibangun pada tahun 2008 lalu, adalah salah satu tempat wisata yang menjadi kebanggaan  bagi masyarakat Kabupaten Karimun. Bahkan objek wisata ini menjadi icon negeri berazam, iman dan taqwa terebut.

Banyak tempat wisata yang menarik di Kabupaten Karimun namun Coastal Area yang dikelola oleh Disperindag Kabupaten Karimun menyuguhkan pemandangan alam yang berbeda. 

Jika melihat struktur bangunan di Coastal Area ini, pengunjung seperti diajak mengelilingi negera kincir angin, Belanda. Dimana, terdapat empat tugu besar, yang  menggambarkan Kabupaten Karimun merupakan kabupaten yang kokoh dengan budaya dan agama. 

Muhammad Yosli ST Kabag Humas Pemkab Kabupaten Karimun mengatakan, tujuan dibangun Coastal Area ini sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat Kabupaten Karimun yang suka dengan pemandangan pantai dan laut.

Selain itu, Coastal Area juga berfungsi sebagai pusat berbagai macam acara yang bersifat umum seperti keagamaan, sosial, gelar budaya, dan acara-cara lainnya, yang bersifat terbuka.

"Coastal Area ini memiliki multifungsi, selain bisa dinikmati masyarakat keindahan bangunan-bangunan yang ada di Coastal Area, berfungsi juga sebagai pusat acara yang setiap waktu diadakan di tempat ini. Seperti acara keagamaan, gelar budaya, upacara, dan berbagai macam acara lainnya. Pembangunan Coastal Area ini belum rampung, masih banyak program-program dari pemerintah untuk Coastal Area. Tujuannya, agar bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat wisatawan asing yang datang ke Tanjung Balai Karimun ini," beber Yosli.
KAWASAN WISATA -- Bangunan-bangunan dan keindahan Coastal Area yang ada di Kabupaten Tanjung Balai Karimun. Kawasan menjadi menjadi tempat wisata favorit warga Karimun setiap hari libur. (Khodir/Haluan Kepri)
Risna, salah satu pengunjung Coastal Area mengaku sengaja datang dari Batam, hanya untul menikmati keindahan Coastal Area. Risna mengku ingin menikmati langsung pemandangan laut yang ada di sepanjang bibir pantai Kabupaten Karimun.

"Indah, sangat indah, apalagi sudah senja, keindahan Coastal Area tidak ada duanya. Saya datang dari Batam khusus ingin menikmati keindahan Coastal Area, yang dulu saya dengar-dengar dari teman-teman, ternyata memang sangat indah. Tidak sia-sia pemerintah Kabupaten Karimun membangun pusat wisata ditempat ini," tutur Risna.

Risna mengatakan, selain bisa menikmati keindahan laut dan beberapa bangunan di Coastal Area, dirinya bisa memanjakan lidah dengan berbagai kuliner di Coastal Area. Berbagai macam menu makanan bisa dinikmati di lokasi tersebut, seperti masakan nusantra dan camilan yang bisa dinikmati setiap saat, terutama malam hari.

"Selain menikmati keindahan alam laut di tempat ini, saya jga bisa menikmati lezatnya makanan di Coastal Area ini, mulai dari makanan nusantara dan camil-camilan khas Kabupaten Karimun tersedia, lidah saya dimanjakan pokoknya. Selain itu lokasinya juga memang sangat bersih, setiap sudut dan sepanjang jalan tersedia tong sampah, itu yang membuat saya tertarik dengan tempat ini," pungkas Risna dengan senyum.

Selain Risna salah satu penjual makanan di pusat wisata Coastal Area, Marni mengaku, pihaknya sungguh mengapresiasi pemerintah Kabupaten Karimun yang telah membangun Coastal Area untuk tempat nongkrong. Bukan hanya untuk muda-mudi, namun seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Karimun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa mengunjungi kawasan ini.

"Tempatnya memang sungguh indah, lapangan luas, lautnya indah dan bersih, pokoknya menarik hatilah. Saya sudah lama berjualan di tempat ini memang sangat ramai, tidak pernah sepi, apalagi malam hari. Yang datang ketempat ini memang masyarakat umum, tidak hanya dari kalangan anak muda, tapi berbagai unsur kalangan, dan keamananyapun ditempat ini terjamin, tidak ada mesum-memum, indah, bersih dan asri. Tempatnya sangat terjangkau, dekat dengan pelabuhan, dan lingkungan hidup masyarakat masyarat," aku Marni.
KAWASAN WISATA -- Bangunan-bangunan dan keindahan Coastal Area yang ada di Kabupaten Tanjung Balai Karimun. Kawasan menjadi menjadi tempat wisata favorit warga Karimun setiap hari libur. (Khodir/Haluan Kepri)
Penasaran ingin menikmati keindahan Coastal Area, cocok untuk liburan keluarga sambil mencicipi berbagai kuliner yang ada di Kabupaten Karimun. Silahkan kunjungi Coastal Area yang berada di sepanjang bibir pantai Kabupaten Karimun. Rasakan sensasi dan keindahan pantainya. ***/..Oleh: Abdul Qodir, Karimun
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berkunjung Ke Pesona Coastal Area Karimun Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad