Friday, October 25, 2013

Memperingat Hari Badak Sedunia 2013

Hari Badak Sedunia Tahun 2013 diperingati hari ini, 22 September 2013. Hari Badak diharapkan menjadi salah satu kampaye global untuk menyadarkan dan meningkatkan kepedulian semua orang dan pihak akan pentingnya kelestarian populasi badak. Hari Badak diharapkan menjadi momentum dalam menggalang dukungan penyelamatan badak, terutama di Indonesia.

Hari Badak Sedunia (Internasional) pertama kali digagas dan dicanangkan oleh WWF (World Wildlife Fund/Organisasi Konservasi Satwa Liar) pada 2010 silam.


Pada peringatan Tahun Badak kali ini, WWF Indonesia menggelar berbagai kegiatan terkait Hari Badak Sedunia. beberapa kegiatan itu diantaranya adalah Rhino Festival di Banten, Rhino Long March (Jakarta), Deklarasi Sayang Badak Pelajar SMP-SMA (Banten), National Rhino Survey Workshop (Taman Nasional Way Kambas), dan Ministerial Asian Rhino Summit (Bandar Lampung).

Indonesia dan Badak

Indonesia menjadi negara strategis dalam konservasi badak. Dari lima spesies badak di dunia, dua spesies diantaranya hidup di Indonesia. Kedua spesies badak tersebut adalah badak bercula satu, Badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) dan badak bercula dua, Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis). Ketiga spesies lainnya adalah Badak India (R. unicornis), Badak Hitam (Diceros bicormis), dan Badak Putih (Cerathoterium simum) yang hidup di Afrika.

Badak Sumatera 
Badak Sumatera

Badak Jawa atau Javan rhino (R. sondaicus) menjadi salah satu hewan paling langka di dunia dengan populasi yang tersisa kurang dari 50 ekor dengan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai satu-satunya habitat di dunia. Badak Sumatera atau Sumatran rhino (Dicerorhinus sumatrensis) pun serupa. Populasinya tidak lebih dari 200 ekor dengan daerah sebaran di pulau Sumatera dan Kalimantan. Keduanya dilabeli sebagai satwa critically endangered (kritis) oleh IUCN Redlist (Daftar Merah International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources) dan dimasukkan dalam Daftar Apendik I oleh CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Memperingat Hari Badak Sedunia 2013 Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad