Friday, November 1, 2013

Indahnya Alam Bukit Jati Gentungan Mamuju

Permandian alam Gentungan

Nampak suasana Villa dari kejauhan.
Kolam yang akan dipersiapkan untuk wisata mancing, dalam menyalurkan hobby
Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat   memiliki  potensi pariwisata daerah yang beragam, objek wisata budaya,adat istiadat-etnis Mamasa dan Kalumpang,maupun  objek wisata alam di  bibir pantai Manakarra .
Bukan hanya, wisata kuliner yang khas dengan  Kue Tetu dan tidak  ditemui di daerah manapun yang merupakan ciri khas orang Mamuju. Objek wisata pantai lombang lombang, pengunungan dan  air  terjun, air panas alam yang memiliki panorama yang indah.

Salah satu objek wisata yang menarik dikunjungi adalah objek  Wisata   Alam di  Bukit Jati  Gentungan. Dinas Pemuda Olah Raga Dan Pariwisata  Sulbar ,UPTD Wisata Gentungan memperindah objek wisata ini.
Wisata Alam di Bukit Jati Gentungan ini terletak  di  Kelurahan Bebanga,Kecamatan Kalukku Kab Mamuju, yang dikelola UPTD Wisata Gentungan.  Objek  Wisata Bukit Jati Gentungan yang memiliki luas sekitar  Empat Ha,  dioprasionalkan  sejak tahun2008  lalu dengan target PAD Pemerintah Provinsi Sulawesi  Barat sebesar Rp.50,000,000, dan dapat terpenuhi. Anggaran Tahun2009 ditargetkan sebesar Rp.80.750.000.juga terpenuhi Rp.80.895.000 dan tahun 2010 target naik menjadi Rp.100.000.000.-tahun 2011 target Rp.110.000.000.-dan tahun2012 sebesar Rp.150.000.000, realisasi Rp.85.515.000.
Adapun restribusi yang dikelola UPTD Wisata Gentungan diantaranya  karcis masuk lokasi wisata,parkir motor dan mobil,penyewaan  penginapan dan  gedung serba guna(Fasilitas Diklat).
Wisata Bukit Jati Gentungan merupakan tempat yang  cocok  untuk kegiatan berlibur dan menyelenggarakan kegiatan rekreatif, edukatif dan ibadah ,serta olah raga.
Pemandangan alam yang Indah dengan suasana sejuk dan asri,didukung dengan masyarakat yang ramah,kondisi alam startegis mudah dijangkau hanja  satu km dari jalan raya dengan jarak  dua km dari Bandar Udara Tampa Padang, sekitar 29 km dari Kota Mamuju.
Objek wisata ini dilengkapi  fasilitas tempat pendidikan dan pelatihan, aula ruang belajar dengan kapasitas 100 orang dilengkapi  sound system,meja belajar,Laktop,LCD&Proyektor,White board,Lapangan Upacara, sarana  olahraga ,Lapangan Putsal,Out door.Kolam Renang, Permainan Anak anak Water Boom,Karoke terdapat di Areal Kolam Renang  dan lapangan Bulu  Tangkis.
Selain itu, lengkap dengan sarana  penginapan terdiri dari  empat  villa,  dua Kottage dan satu Asrama,Villa terdiri dari 8 Kamar dengan kapasitas 24 orang.Kottage terdiri 16 Kamar dengan kapasitas32 orang, juga terdapat Restaurant Hijau melayani komsumsi untuk pelatihan ,juga melayani  pesanan komsumsi rombongan Wisatawan. Karaoke dan Electon . Terdapat ruang Ibadah dengan Kapasitas kira kira 80 orang.
Objek wisata ini mudah dijangkau dan hal yang paling mendapat perhatian adalah tingkat pengamanan pengujung.

Dengan melihat konstribusi terhadap peningkatan PAD Sulawesi  Barat,ada baiknya pihak SKPD  agar memanfaatkan fasilitas Wisata Alam Gentungan dalam melaksanakan sosialisasi disamping berwisata, juga biaya yang dikeluarkan Ekonomis, ujar Sarman  Sahudding, yang juga salah  seorang penulis budaya di  Mamuju.(Anasmakkarumpa).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Indahnya Alam Bukit Jati Gentungan Mamuju Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad