Monday, November 18, 2013

Jelajahi Gunung Lawu Sambil Mencumbu Lawu Dari Cemoro Sewu

Mencumbu Lawu Dari Cemoro Sewu, kegiatan pendakian gunung yang kesekian kalinya menuju Gunung Lawu 3265 Mdpl di perbatasan Jawa Tengah ( Karanganyar ) dan Jawa Timur ( Magetan ). Cemoro Sewu berada pada ketinggian 1.600 Mdpl, sore hari udara di tempat ini sudah terasa dingin. Justru saat itulah Belantara Indonesia tiba, sore dan hujan.

Pendakian menuju Lawu pada tanggal 12 - 14 November 2013 ini memang hanyalah sebagai kegiatan untuk memupuskan rasa rindu akan alam gunung, terutama Gunung Lawu yang melegenda karena peninggalan Brawijaya V dan Kerajaan Majapahitnya.

Cemoro Sewujalur pendakian Gunung Lawu terdapat sebuah mushola dan MCK yang memiliki enam buah kamar mandi dan WC hanya berjarak dekat dengan Cemoro Kandangdi wilayah Karanganyar.

www.belantaraindonesia.org

Jalur Cemoro Sewu memiliki jalan setapak berbatu yang sudah tertata rapi. Awal perjalanan jalur ditumbuhi oleh pohon – pohon cemara, karena lebatnya hutan cemara yang tumbuh maka daerah ini dinamai Cemoro Sewu ( Seribu Cemara ).

Pemandangan kontras segera muncul setelah melewati hutan Cemara. Di kiri kanan jalur terdapat kebun sayur hingga mencapai Pos 1. Sementara di sela – sela kebun sayuran pohon – pohon sisa kebakaran nampak kering, menunggu untuk roboh.

Sebelum sampai Pos 1 terdapat Sumber Air Wesanan dipuncak gunung kita menemukan tempat – tempat mata air yang dikeramatkan oleh masyarakat. Jalur mendatar dan sedikit menanjak hingga Pos Pertama. Disini juga terdapat sebuah bangunan untuk beristirahat juga ada sebuah warung makanan, yang buka pada hari Kamis – Minggu dan pada musim – musim ramai pendakian dan ramai orang berziarah.

www.belantaraindonesia.org

Menuju Pos 2 jalur melewati batu – batuan dengan kemiringan yang cukup tajam. Kita akan melewati tempat keramat yakni Watu Jago, sebuah batu besar yang bentuknya menyerupai ayam jago. Pos 2 berupa dataran yang agak luas, banyak ditumbuhi pohon – pohon besar dan banyak batu besar, sehingga pendaki dapat membuat tenda ditempat ini dengan nyaman karena terlindung dari hempasan angin.

Bila ramai di Pos 2 ini juga sering terdapat pedagang makanan. Di Pos ini terdapat bangunan beratap yang sering digunakan para pedagang untuk berjualan makanan. 

Dari Pos 2 menuju Pos 3 Jalur batu – batuan semakin curam dan menanjak. Di jalur ini terdapat asap belerang sehingga pendaki disarankan untuk tidak berlama – lama beristirahat di Pos 3. Menuju Pos 4 jalur menanjak, merangkak pada batu – batuan.

www.belantaraindonesia.org
Sendang Drajad
Pos 4 hanya berupa tempat datar yang sempit yang berada di cerukan tebing batu, hanya cukup untuk mendirikan satu buah tenda, tempat ini sedikit terlindung dari hempasan angin.

Setelah melewati Pos 4 kita sudah berada dilereng yang curam, angin sangat kencang dan dingin sekali. Jalanan sangat sempit dan curam, membuat badan hampir beku, usahakan mencari celah bukit untuk berlindung dari angin.

Pos 5 atau Pos Sumur Jolotundo berada di dekat Sumur Jolotundo yang sangat keramat. Pos ini berupa tempat datar terbuka yang luas dapat untuk mendirikan beberapa tenda. Namun di tempat ini kurang terlindung dari hempasan angin.

www.belantaraindonesia.org

Dari Pos 5 kita sedikit turun, kemudian sedikit mendaki dan mengelilingi salah satu puncak, untuk menuju ke Sendang Drajad. Dari Sendang Drajad dapat dilanjutkan ke Puncak Hargo Dumilah, atau jalan lagi melingkari salah satu puncak menuju Hargo Dalem. Dari Hargo Dalem pendaki dapat melanjutkan perjalanan melalui Jalur Cemoro Kandang atau Jalur Candi Cetho

Tapi dari semua itu, salah satu yang menjadi tujuan para pendaki menggapai puncak Gunung Lawu adalah mengunjungi destinasi paling populer di Gunung Lawu, yakniWarung Mbok Yem!

www.belantaraindonesia.org
Mbok Yem
Di sana para pendaki bisa memesan aneka makanan dan minuman yang serba panas. Cocok untuk sedikit mengistirahatkan raga setelah lelah mendaki. Ya itulah keunikan dariGunung Lawu kita tidak perlu membawa banyak logistik karena banyaknya terdapat warung sepanjang jalur, dan yang paling terkenal adalah Warung Mbok Yem tersebut di ketinggian 3100 Mdpl.

Jangan ragu untuk mencumbu Lawu dari Cemoro Sewu, karena jalur itulah jalur terpendek yang bisa digapai walau banyak jalan menanjak. Beda dengan jalur Cemoro Kandang yang lebih banyak landai tetapi lama. Estimasinya  Jalur Cemoro Sewu 6 – 7 Jam dan Jalur Cemoro Kandang 8 – 9 Jam.

www.belantaraindonesia.org

Selamat dan terima kasih untuk Alap - Alap Merbabu Fisabil , Budi Kusriyanto , Theo Rivera dari Divisi Mountaineering Belantara Indonesia dan Edelweis Ayyesha Tsurayayang telah bersedia menjadi tamu kehormatan kami bersama mencumbu Lawu dari Cemoro Sewu.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Gunung Lawu Sambil Mencumbu Lawu Dari Cemoro Sewu Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad