Monday, December 30, 2013

Inilah Biaya Wisata Ke Gunung Bromo

Inilah Pemandangan alam Gunung Bromo
Bromo dan semua yang ada di sekelilingnya bisa Anda jadikan pilihan untuk wisata murah di Indonesia. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mencapai salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia ini. Benarkah?

Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.392 Mdpl tepatnya di empat kabupaten, yaituProbolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Karena itu, Bromo dapat dicapai dari empat arah tersebut.

Kami mencoba mencapai Bromo dari Malang menuju Probolinggo kemudian ke Cemoro Lawang. Dari sinilah kami yang menggunakan mobil pribadi dan berganti jeep. Jalur tempat melihat Matahari terbit ini berbatu dan curam, tidak mungkin dilalui oleh mobil biasa.

Tarif jeep dari Cemoro Lawang menuju Pananjakan sekira Rp 600 ribu per mobil. Mungkin biayanya terlihat mahal, namun biaya ini bisa Anda bagi bila berpergian bersama teman - teman. Satu jeep mampu menampung hingga enam penumpang. 

Jeep ini tidak hanya mengantarkan kami ke Pananjakan, tetapi juga ke kawah Bromo danBukit Teletubbies, area wisata lainnya selain Pananjakan. Melihat banyak tempat yang dikunjungi, biaya Rp 600 ribu ini tentunya tidak mahal bukan?  

Dari Cemoro Lawang menuju Pananjakan dapat dicapai selama sekira 20 menit. Namun, ternyata turun dari jeep kami tidak langsung sampai ke tempat melihat Matahari terbit, tapi harus berjalan mendaki lagi sekira dua kilometer.  

Jalanan ini cukup curam dan batu - batunya bertambah besar. Bila tidak kuat berjalan, banyak kuda yang disewakan untuk pengunjung dengan tarif Rp50 ribu. 

Harga kuda ini tidak dapat ditawar, karena menurut pemiliknya, itu sudah harga tetap diGunung Bromo. Lumayan, Anda tidak perlu capek saat mencapai puncak dan melihatMatahari terbit.

Di puncak, banyak sekali pedagang yang menjajakan gorengan ataupun mie instan panas, cocok sekali di udara yang dingin. Harganya memang sedikit lebih mahal, sebesar Rp 3.000 - Rp 5.000 per gorengan, namun rasanya sungguh sedap. 

Usai melihat Matahari terbit, saatnya kembali ke jeep dan berangkat menuju Kawah Bromo. Dari Pananjakan ke kawah hanya perlu waktu 10 menit. Sesampainya di kawah, Anda akan disambut pemandu - pemandu yang membawa kuda untuk mengantarkan ke tangga Kawah Bromo. Seperti di Pananjakan, kuda ini juga dipatok dengan tarif Rp 50 ribu sekali jalan. 

Bagaimana, cukup murah kan wisata ke Bromo? Bila Anda hanya menggunakan jeep tanpa kuda, Anda hanya perlu membayar Rp100 ribu, biaya yang murah dengan begitu banyak tempat yang bisa dikunjungi. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Biaya Wisata Ke Gunung Bromo Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad