Tuesday, December 3, 2013

Inilah Gunung Kembar Yang Menantang Itu

Sumbing dan Sindoro merupakan dua gunung yang letaknya berdekatan serta mempunyai bentuk dan tinggi yang hampir sama. Tinggi Gunung Sumbing 3.340 Mdpl dan tinggi Gunung Sindoro 3.155 Mdpl. Jika dipetakan, Sumbing berada disebelah barat daya kota Temanggung dan sebelah Timur kota Wonosobo. Sedangkan Sindoro disebelah barat laut Temanggung dan Timur laut Wonosobo.



Masyarakat dikedua daerah itu menyebut Sumbing - Sindoro sebagai Gunung kembar. Keduanya menyimpan potensi wisata yang sangat besar, meskipun belum semuanya bisa dikelola secara maksimal. 

Selain panorama alam nan indah, dengan udara sejuk dan segar, daerah - daerah dilereng Sumbing - Sindoro potensial dikembangkan sebagai kawasan agro wisata, terutama perkebunan kelengkeng, tembakau, vanila, dan kopi. Kondisi alamnya hampir sama dengan kawasan Gunung Mas, puncak, Bogor.

Gunung yang dipenuhi legenda tentang kesetiaan pasangan dan epos kepahlawanan itu sudah tidak asing lagi bagi para pendaki. Banyak kelompok pecinta alam yang mendaki puncak Sumbing dan Sindoro, terutama pada hari - hari tertentu yang sudah menjadi tradisi.

Dengan berbagai kelebihannya, dinas Perhubungan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung berusaha terus menggali potensi - potensi wisata, sambil membenahi sarana - prasarana pendukung dikawasan ini. 

Salah satu kawasan yang diapit lembah Sumbing - Sindoro adalah Kledung, yang dilewati pengguna jalan di jalur Parakan - Wonosobo. Banyak pengguna jalan yang beristirahat di tempat ini, sekedar melihat keindahan panorama alam disekelilingnya yang bisa menyegarkan tubuh dan pikiran. Banyak hal yang bisa dijumpai di lembah gunung itu.

Selain keindahan alam, lembah Sumbing - Sindoro juga menawarkan kehangatan dan senyum ramah penduduknya. Terlebih lagi tatkala melihat aktivitas mereka saat musim tembakau tiba.

Gunung Sumbing
Perjalanan wisata ke Gunung Sumbing akan melewati desa wisata Tegalrejo yang juga dekat dengan pemancingan Bale Kambang dan Prasasti Gondosuli. Tanah sekitar gunung sangat subur, sehingga hampir seluruh daerah yang landai sampai ketinggian 2.000 Mdpl dijadikan areal perkebunan rakyat seperti tembakau dan sayuran.

www.belantaraindonesia.org
source picture
Pendakian Gunung Sumbing bisa dilakukan kapan saja. Tetapi puncak keramaian terjadi pada Malem Selikuran.  Mengawali ritualnya dari desa Pager Gunung, kecamatan Bulu dengan di pandu oleh para pemandu berpengalaman dari wilayah setempat serta dipantau para petugas terpadu diposko - posko terdekat.

Untuk pendakian diluar tradisi Malem Selikuran, perjalanan bisa dilakukan tanpa harus dipandu petugas. Para pendaki umumnya start dari desa / kecamatan Kledung ( arah barat laut ), atau kampung Butuh dan Selogowok dikecamatan Tlogo Mulyo ( timur laut ).

Bahkan, Gunung Sumbing juga bisa didaki dari kawasan diluar kabupaten Temanggung. Yaitu arah barat laut dari kampung Garung ( 1.543 Mdpl ) di desa Butuh, kecamatan Kalijajar ( Wonosobo ), arah tenggara dari Kalegan ( Kabupaten Magelang ), dan arah Barat daya dari Sapurun ( Wonosobo ).

Apabila cuaca bagus, pendakian ke puncak menempuh waktu sekitar lima jam. Sebagian dari mereka berziarah kemakam Ki Ageng Makukuhan di Puncak Sumbing. Ki Ageng Makukuhan diyakini sebagai orang pertama yang singgah di Kedu dan memperkenalkan tanaman tembakau.

Ada beberapa pos yang harus dilalui dari base camp hingga kepuncak, yaitu pos I ( 1.750 Mdpl ), pos II ( 2.000 Mdpl ), pos Bayangan ( 2.500 Mdpl ), dan bagian puncak ( 2.850 - 3.340 Mdpl ).

Di pos I ( hutan rapat ) terdapat shelter dan lahan bivak. Sedangkan pos II ( Wilayah Terbuka ) didominasi padang rumput dan ilalang. Udara dipuncak cukup panas, angin kencang, dan cuaca cerah, dengan suhu dibawah 12 derajat Celcius. Puncak terdiri atas batu - batuan, lapangan berpasir, kawah, dan belerang.

Gunung Sindoro
Setiap malam 1 Suro, ribuan pecinta alam melakukan pendakian Sindoro. Gunung berketinggian 3.151 m itu juga memiliki beberapa keindahan alam, misalnya Telaga Ajaib dan bunga abadi Edelwiss di puncak gunung. Para pendaki juga bisa melihat panorama terbit dan tenggelamnya Matahari.

www.belantaraindonesia.org

Sebagaimana Sumbing, Gunung Sindoro cocok untuk melakukan kegiatan wisata alam dan petualangan. Pendakian dilakukan melalui Desa Katekan, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Selain panorama alam yang indah, pendaki bisa melihat para aktivitas petani di kebun.

Misteri Pohon Walitis Di Hutan Rasamala
Pohon walitis di kawasan huitan Rasamala merupakan pohon terbesar di lereng Sumbing dan Sindoro. Hutan ini terletak di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Tinggi pohon mencapai 30 meter, dengan lingkar batang 7,5 meter. Untuk memeluk batangnya saja diperlukan enam orang dewasa yang saling tautan sambil merentangkan kedua tangannya.

Menurut masyarakat sekitar, pohon ini berasal dari tongkat salah seorang pengikut wali, yaitu Ki Ageng Makukuhan yang ditancapkan di tanah. Kawasan Walitis memiliki pemandangan alam yang indah dan udara pegunungan yang segar dan alami.

www.belantaraindonesia.org

Di Kawasan ini juga tumbuh rumpun tumbuhan bernama Rasamala. Karena itulah, kawasan tersebut dikenal sebagai hutan Rasamala. Keistimewaan tanaman dan hutan ini adalah tidak mempan oleh api.

Ketika terjadi kebakaran hutan di sebagian kawasan lereng Sumbing dan Sindoro beberapa waktu lalu, hutan Rasamala sama sekali tidak terjamah  api.

Untuk menjangkau rumpun pepohonan Rasamala yang luasnya mencapai 1,5 hektar, para wisatawan harus mendaki melalui jalan setapak. Jarak pendakian ini sekitar 1,5 km dari pohon Walitis.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Gunung Kembar Yang Menantang Itu Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad