Friday, December 6, 2013

Pulau Koyang Semakin Terkoyak

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan sejumlah warga, menghentikan aktivitas penambangan bauksit ilegal di Pulau Koyang, Kabupaten Bintan pada Kamis (5/12/2013) malam.

Koordinator aksi, Aspan Hasibuan, menduga, aktivitas penambangan bauksit ilegal di situ dibekingi oknum aparat. 

"Saat kami turun, aktivitas penamabangan terus berlangsung. Kami juga menemukan sejumlah orang berbadan tegap dan berkulit putih yang melakukan penjagan aktivitas pertambangan ilegal di pulau itu," 

Aspan mengaku tidak tahu siapa pelaku penambangan di situ. Namun yang jelas, katanya, Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bintan sampai saat ini tidak pernah mengeluarkan izin usaha pertambangan (IUP) di Pulau Koyang tersebut.

"Kami tidak mengetahui siapa yang menggerakan. Namun informasi dari masyarakat Bintan Timur menyatakan, jika yang melakukan aktivitas penambangan bauksit ilegal di Pulau Koyang itu adalah Palus dan Suyatno alias OKB," terangnya.

Aspan menuturkan, motivasi mahasiswa dan dan warga untuk turun ke Pulau Koyang pada malam hari untuk menghentikan aktivitas penambangan bauksit di pulau itu karena aparat pemerintah dan penegak hukum mandul.



"Dengan adanya aktivitas ini, kita menduga aparat pemerintah dan penegak hukum di Bintan mengtetahui aktivitas pertambangan di sana. Namun mereka enggan untuk melakukan tindakan, disebabkan sesuatu hal," ujar Aspan.

Karena itu, imbuh Aspan, pihaknya akan kembali melakukan aksi dan melaporkan aktivitas penambangan bauksit ilegal di Bintan itu kepada pemerintah Pusat.


"Selain akan melakukan aksi lanjutan, maka kami akan melaporkan permasalahaan ini kepada aparat hukum di Pusat atas ketidakmampuan dan mandulnya aparat hukum di Bintan," katanya. (*)


Lihat Pulau Koyang yang Hampir Tenggelam di sini
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pulau Koyang Semakin Terkoyak Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad