Tuesday, January 14, 2014

Hijaukan Alam Batamku


Dalam upaya mendukung program penanaman 1 miliar pohon yang dicanangkan Presiden atau yang lebih dikenal dengan program Go Green, Kodim 0316/Batam mencanangkan program tiada hari tanpa menanam pohon, dengan menginstruksikan seluruh Koramil untuk melakukan penanaman pohon secara bergiliran
Program tiada hari tanpa menanam pohon ini, diawali dengan penanaman 50 batang pohon oleh Koramil 01/Batam Timur (BT) bersama masyarakat Bengkong Mahkota, Kelurahan Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong di ruang terbuka/row jalan Bengkong Mahkota, Senin (13/1).   

Penanaman pohon ini dipimpin langsung oleh Danramil 01/BT Kapt Inf Eddy Mauzar bersama Lurah Bengkong Laut, Wendy Pratama S.STP. Mewakili Dandim 0316/Batam Letkol Arh Harvin Kinigallo, Danramil 01/BT mengatakan bahwa selama tiga bulan kedepan, seluruh Koramil di Batam akan melakukan penanaman pohon bersama masyarakat secara bergiliran.

" 3 bulan kedepan kami akan melakukan penanaman pohon bersama masyarakat, dan setiap Koramil kebagian giliran sekali dalam sepekan," ungkap Edy Mauzar. 

Lebih lanjut disampaikan Edy, bahwa 50 batang pohon ini terdiri dari empat macam, yakni pohon mahoni, pohon  durian, pohon mangga dan pohon sirsak. "Diutamakan pohon yang dapat menjadi resepan air," katanya.

Di tempat yang sama, Lurah Bengkong Laut, Wendy Pratama mengungkapkan bahwa pelaksanaan penanaman pohon diharapkan menjadi stimulan bagi masyarakat, sehingga semakin hari akan semakin banyak masyarakat yang punya kesadaran pentingnya mnejaga kelestarian lingkungan dengan menanam pohon. 

"Harapannya bisa menularkan kesadaran kepada masyarakat, tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan menanam pohon," katanya.

Pasalnya, menurut Wendy, belakangan ini banjir dan tanah longsor sudah menjadi ancaman serius. Sehingga perlu dibangkitkan kembali kesadaran bersama membangun daerah-daerah resapan air di setiap tempat.

"Pohon ini nantinya, diharapkan bisa menjadi penahan erosi dan banjir," pungkasnya sambil melanjutkan penanaman sejumlah pohon.

Progaram ini telah diinstruksikan secara berjenjang dari Pangdam I/BB ke Danrem 033/WP kemudian diteruskan ke seluruh Dandim di enam kabupaten/kota di Kepri. 
PLH Batam (ays/HK)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hijaukan Alam Batamku Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad