Monday, April 21, 2014

Apa Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Bumi Di Hari Bumi?

Hari Bumi yang selalu diperingati setiap tanggal 22 April setiap tahunnya adalah sebagai penanda pencapaian kita dalam melindungi lingkungan dan sebagai sebuah waktu untuk bercermin dan bertanya pada diri, "Apalagi yang bisa kita lakukan?" Cobalah lakukan tips dan cara berikut ini sebagai sebuah panggilan untuk menstimulasi pribadi untuk lebih melindungi Bumi.

Didik Diri Anda
Hal nomor satu yang dapat Anda lakukan adalah mendidik diri Anda sendiri mengenai hal ini. Anda tidak dapat beraksi dan tidak dapat mengajak orang lain untuk beraksi sampai Anda memahami terlebih dahulu semua faktanya. Jadi sisihkan waktu untuk melakukan riset terhadap masalah seperti pemanasan global, daur ulang, konsumsi energi, dll.

Ciptakan Kepedulian
Setelah anda mendidik diri Anda, katakan kepada teman, rekan kerja, anggota keluarga atau bahkan orang asing! Menciptakan kepedulian diantara sesama adalah cara luar biasa untuk menyebarkan gerakan hidup ramah lingkungan. 

Daur Ulang
Daur ulang adalah salah satu cara terbaik untuk membantu lingkungan. Daur ulang akan menurunkan jumlah sampah di tempat sampah, menurunkan emisi karbon melalui pengurangan emisi manufaktur dan kendaraan dan juga memungkinkan sumber daya alam kita terdistribusi lebih merata ke penduduk dunia.

Terlibat Dalam Politik
Kita memerlukan pemerintah untuk membuat undang - undang yang bisa merubah kegiatan bisnis agar bisa ramah lingkungan sembari mendanai pembangunan proyek energi ramah lingkungan. Untuk mencapai hal ini, kita perlu memilih politisi yang bisa memberi tekanan terhadap agenda ini. Pilihlah para politisi yang punya pandangan yang sama dengan Anda. 

Kurangi Mengemudi
Emisi karbon dari kendaraan adalah salah satu penyebab utama pemanasan global. Gantikan mengemudi mobil dengan berjalan kaki, bersepeda, dan memakai transportasi massal. Melakukannya tidak hanya akan menyelamatkan lingkungan tetapi juga uang dan kesehatan Anda.

Menggunakan Kendaraan Irit Bahan Bakar
Banyak orang masih harus mengemudi. Menggunakan kendaraan hemat energi dapat menurunkan emisi karbon dan konsumsi oli sampai 50%. Kendarailah mobil hibrid, mobil berukuran kecil, sepeda motor atau skuter.

Gunakan Bohlam CFL ( Compact Fluorescent Light ) 
CFL dapat mengurangi pemakaian listrik hingga 75% dibandingkan bohlam lampu standar dan tahan 10 kali lebih lama. Penghematan energi - nya bisa menurunkan emisi gas rumah kaca.

Monitor Termostat Anda
Naikkan termostat di musim panas dan turunkan di musim dingin. Satu derajat saja yang Anda setel dapat menurunkan konsumsi energi sebanyak 1% yang mana juga akan menurunkan tagihan listrik Anda. 

Matikan Jika Tidak Terpakai
Matikan lampu, komputer, TV dan peralatan lain jika tak digunakan. Kedengarannya mudah tetapi efektif. Banyak orang biasanya lupa untuk mematikan sesuatu jika sudah tak digunakan.

Hemat Air
Kebutuhan akan air bersih semakin meningkat. Hematlah air saat mandi, membersihkan toilet dan mencuci pakaian. Matikan keran saat menggosok gigi dan tampunglah air di tong untuk menyirami tanaman Anda. 

Semua tindakan di atas dapat digunakan untuk menolong lingkungan. Sebagai tambahan, hampir semua tindakan di atas dapat membuat kita bisa menghemat uang melalui penurunan konsumsi air dan listrik.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Apa Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Bumi Di Hari Bumi? Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad