Monday, April 21, 2014

Peringati Hari Air Dengan Edukasi

(Koalisi Pemuda Hijau Indonesia) – Jakarta kembali mengajak masyarakat dan khususnya anak-anak jalanan yang ada disekitaran daerah Cengkareng untuk peduli dan meperhatikan kebersihan diri dan lingkungan melalui aksi KOPHI PANAS (Peduli Anak Dengan Edukasi dan Sanitasi), yang dilaksanakan di bawah Flyover depan Ramayana Plaza, Cengkareng mulai pukul 14.30 hingga 16.00 WIB. KOPHI PANAS ini juga dilaksanakan untuk memperingati hari air sedunia.

KOPHI PANAS oleh Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak dengan kondisi ekonomi bawah khususnya anak-anak jalanan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar mereka dengan cara mengajarkan mereka untuk membiasakan diri dalam mencuci tangan, menggosok gigi, menggunakan air bersih untuk keperluan mandi dan konsumsi dan menggunting kuku secara rutin.

“KOPHI PANAS ini adalah salah satu bentuk perhatian dan sikap peduli kami terhadap anak-anak yang ada di jalanan, cukup prihatin dengan keadaan mereka yang tidak tahu akibat dari bakteri yang ada saat makan tanpa mencuci tangan. Hal ini juga kami lakukan untuk memperingati Hari Air Sedunia pada tanggal 22 Maret kemarin” Ujar Fifi, Penanggung jawab KOPHI PANAS, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI)-Jakarta.

Pendidikan Sanitasi sangatlah perlu diketahui masyarakat khususnya anak-anak sejak dini, berdasarkan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2013 di Jakarta pada Rabu, 30 Oktober 2013, yang diselenggarakan oleh World Bank Water Sanitation Program (WSP) terungkap bahwa Indonesia berada di urutan kedua di dunia sebagai negara dengan sanitasi buruk. Hal ini berimplikasi pada kondisi anak di Indonesia yang berusia di bawah lima tahun, mengalami kematian dikarenakan diare.

Pendekatan edukasi yang dilakukan oleh KOPHI terhadap anak-anak jalanan adalah pendekatan edukasi yang fun dengan berbagi hadiah, games dan keceriaan saat praktik. Dengan Edukasi Sanitasi yang sudah KOPHI lakukan saat ini, diharapkan masyarakat juga menyadari arti pentingnya pasokan air bersih untuk keperluan konsumsi serta meperhatikan kesehatan diri.

CONTACT PRESS

Ismi Iman/ ismi.imansari@gmail.com / 085279067922 / @KOPHI_

Divisi Media dan Komunikasi Koalisi Pemuda Hijau Indonesia

Phone : +6285747867461 / Twitter : @KOPHI_ / Facebook : Koalisi Pemuda Hijau Indonesia. Website : www.kophi.or.id
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Peringati Hari Air Dengan Edukasi Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad