Thursday, May 15, 2014

Indahnya Sunrise Dari Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu. Anda pernah mendengar nama itu? Yap, nama itu adalah sebuah bukit yang tak jauh dari Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tepatnya berada di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur. Jaraknya tidak sampai 5 km jika ditempuh dari Candi Borobudur.

Arti kata Punthuk itu sendiri adalah tanah yang 'mawur', tidak padat dan tidak pula mudah terurai seperti halnya pasir. Dimana di sekelilingnya gundul, alias tidak ditumbuhi oleh rumput atau pohon.

Punthuk Setumbu terkenal sebagai Surganya Sunrise yang ada di wilayah Borobudur. Dari sana Anda bisa melihat sunrise yang sangat indah. Kalau beruntung, Anda bisa melihat Matahari pagi yang muncul dan bersinar di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Dari atas Punthuk Setumbu Anda bisa menikmati panorama keindahan dua gunung yang mengelilingi Kabupaten Magelang, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Apalagi kalau di bawah sana masih tersisa kabut yang menutupi pepohonan dan rumah - rumah penduduk. Niscaya Anda akan merasa bagaikan berada di atas atas langit.

Tidak hanya menawarkan pemandangan eksotisme Gunung Merapi dan Gunung Merabu yang berada di sebelah utara, Punthuk Setumbu juga akan memanjakan mata, karena Anda bisa menikmati rentetan Pegunungan Menoreh yang membentang di bagian selatan.

Ada cerita yang mengisahkan, bahwa Punthuk Setumbu ditemukan oleh seorang kyai yang berasal dari Jawa Timur. Sang kyai bermimpi bahwa ada punthuk di daerah Borobudur, dimana dari atasnya bisa tampak Matahari terbit.

Nah, kalau belum pernah berkunjung, Anda patut ke sana. Dijamin tidak menyesal, kecuali Anda datang kesiangan atau cuaca berawan. Lebih baik Anda ke Punthuk Setumbu kalau sudah musim kemarau. Sekitar bulan April sampai bulan September. Di samping itu jalannya pun tidak lagi becek terkena air hujan.

www.belantaraindonesia.org
Merapi Merbabu dari Punthuk Setumbu
Untuk bisa menikmati sunrise, sebaiknya Anda sudah berada di Punthuk Setumbu pada pukul 05.00 WIB sampai dengan 05.15 WIB. Dari kawasan Borobudur, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncaknya adalah sekitar 30 menit kalau menggunakan transportasi mobil, atau tidak sampai 30 menit kalau menggunakan transportasi sepeda motor.

Di sana juga ada pemandu yang siap mengantar Anda berjalan sampai puncak kalau Anda merasa butuh pendamping. Anda juga tak perlu kehausan, karena di puncaknya ada penjual minuman kopi, teh, atau sekedar air mineral.

Punthuk Setumbu tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik. Banyak wisatawan luar negeri yang tertarik untuk mengagumi keindahan sunrise dari sebuah bukit yang ada di dekat Candi Borobudur. Adapun tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan domestik, dan Rp 30.000 untuk wisatawan mancanegara.

Satu hal lagi yang tak kalah menarik untuk dilihat dari Punthuk Setumbu. Siluet Candi Borobudur yang terlihat sangat kecil. Tampak seperti segitiga bergerigi yang dikelilingi oleh kabut. Bagaikan melihat negeri di atas awan. Silakan berkunjung ke sana dan rasakan sensasi yang berbeda dari yang lainnya!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Indahnya Sunrise Dari Punthuk Setumbu Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad