Monday, May 19, 2014

Inilah Etika Saat Berwisata Di Candi Borobudur

Candi Borobudur
Melakukan kegiatan wisata di situs warisan dunia atau lokasi wisata yang bersejarah memang memiliki peraturan sendiri - sendiri. Hal tersebut memang perlu Anda perhatikan agar Anda sebagai turis menghormati bangunan atau nilai sejarah dari bangunan - bangunan tersebut. Dan begitu juga saat berwisata di Candi Brobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Harus Didampingi Petugas
Mengunjungi Candi Borobudur harus didampingi oleh petugas atau pemandu wisata. Hal ini berguna bagi Anda yang membutuhkan segala macam informasi mengenai candi, serta bangunan lain yang ada di sana. 

Gunakan Local Guide
Bagi Anda yang membutuhkan jasa pemandu wisata yang lebih privasi, disarankan menghubungi pemandu wisata lokal. Pemandu wisata lokal lebih mengetahui apa yang Anda butuhkan selama berada di dalam area candi.

Aturan Kunjungan Wisata
Bagi Anda yang melakukan kunjungan secara kelompok, minimal harus membawa rombongan sedikitnya 30 orang. 

Setiap Kelompok Didampingi Petugas
Setiap kelompok pengunjung yang datang didampingi oleh seorang petugas pendamping yang akan mengarahkan jalur kunjungan selama berada di Candi Borobudur.

Kenakan Kain Sarung
Setiap wisatawan atau pengunjung yang datang dan berada di lokasi candi wajib mengenakan kain sarung yang telah disediakan.

www.belantaraindonesia.org

Pengunjung Dilarang: 
- Membuang sampah sembarangan
- Merokok di area monumen candi
- Mencoret - coret atau panjat dinding
- Membawa buah - buahan atau makanan
- Membawa senjata tajam
- Membawa alat musik
- Membawa hewan

Gunakan Sandal
Anda sangat disarankan pakai sandal berbahan lunak. Sangat tidak diperbolehkan mengenakan hak tinggi karena akan merusak bangunan candi.

Kembalikan Kain Sarung 
Setelah berkeliling candi, pengunjung wajib mengembalikan kain sarung ke tempatnya. Untuk jam operasional dari candi ini sendiri dimulai pada pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

Tertarik ke Borobudur? Buruan sekarang!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Etika Saat Berwisata Di Candi Borobudur Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad