Tuesday, June 17, 2014

Indahnya Pantai Arung Ijau Anambas Kepri

Pantai Arung Ijau di Desa Tiangau
Pantai Arung Ijau di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan jadi salah satu tujuan favorit bagi wisatawan. Pantai yang langsung menghadap ke arah barat tempat terbenam matahari ini ini tidak pernah sepi pengunjung.

“Lebih sering sore ke Arung Ijau. Habiskan waktu nunggu maghrib sambil memancing. Karena ini musim panas bisa sekalian menikmati sunset. Tapi kalau musim hujan, cauca hanya bagus pada pagi hari,” tutur Anton, salah seorang pengunjung yang menghabiskan waktu memancing kala senja di Pelabuhan Arung Ijau.

Dikatakannya sejak pelabuhan di objek wisata ini dibangun menjadikan Arung Ijau semakin ramai dikunjungi untuk memancing. Apalagi lebaran tahun ini, bertepatan dengan musim panas. Bahkan banyak warga yang mamanfaatkan pemudik anambas untuk menghabiskan kebiasaan di tanah handai taulan.

“Kalau memancing untuk asyiknya di Aru Ijau ini. Karena pelabuhan yang dalam dan laut lepas. Serta mudah dijangkau. Jika memancing dilaut biasanya menghabiskan waktu bermalam-malam. Pergi dengan pompong dan memakan waktu banyak. Beda dengan disini. Pengunjung cukup bawa pancing. Sudah bisa menarik ikan di pelabuhan yang memang tidak ramai kapal-kapal ini,” tambah Anton.

Sejak dibukanya jalan darat yang sudah mudah dilalui kendaraan, katanya, pelabuhan Arung Ijau hampir tidak berfungsi lagi untuk tempat merapat kapal. Sehingga tidak ramai kapal-kapal merapat. Tapi bukan berarti pelabuhan ini tidak ramai, tambahnya, setiap hari selalu saja banyak pengunjung. Umumnya banyak warga yang menikmati alam wisata Arung Ijau.

“Sekedar menikmati pemandangan laut lepas dan angin yang sepoi. Juga tenang untuk wisata di Arung Ijau ini. Sambil menikmati makanan khas yang disediakan oleh pedagang setempat,” tutur Lie, salah seorang pengunjung lainnya yang setia menikmati akhir pekan di Arung Ijau.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata KKA, Raja Ishak menyampaikan Objek Wisata Arung Ijau yang ramai dikunjungi wisatawan lokal. Lokasi ini telah ditetapkan sebagai pusat wisata kabupaten. Aktifitas memancing bisa dilakukan oleh pengunjung tanpa merogoh kocek mahal.

Pantai Arung Ijau di Desa Tiangau
“Arung Ijau merupakan pusat wisata kabupaten Kepulauan Anambas. Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Juga dukungan masyarakatnya terhadap potensi wisata. Telah menjadikan daerah ini sebagai tujuan wisata akhir pekan bagi penduduk yang bermukim di pusat kota,” katanya kepada Haluan Kepri, akhir pekan ini.

Ishak menjelaskan potensi wisata di Arung Ijau antara lain, keindahan alam, memancing dan wisata pantai. Meskipun dipenuhi oleh batu-batu, pantai ini telah menjadi rona tersendiri yang membuat berbeda dengan pantai lainnya. “Saat ini pengunjung bisa menikmati potensi wisata memancing dan wisata pantai. Serta kuliner yang disediakan khas Arung Ijau,”tambahnya

Pantai Arung Ijau di Desa Tiangau
Namun demikian, katanya, ada beberapa potensi lain yang belum bisa dinikmati oleh pengunjung. Kedepannya daerah ini akan dikembangkan menjadi pusat wisata unggulan. “Kedepan akan dikembangkan potensi wisata disini. Seperti Diving belum bisa dinikmati oleh pengunjung.

Pantai yang masih jauh dari pusat keramaian. Dan masih banyak lagi yang akan dikembangkan oleh Pemkab. Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegera,”pungkasnya 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Indahnya Pantai Arung Ijau Anambas Kepri Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad