Saturday, July 19, 2014

Inilah Tips Mendaki Gunung Bersama Keluarga

Mendaki Gunung Bersama Keluarga Itu Menyenangkan
Mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan. Tetapi akan lebih menyenangkan lagi apabila mendaki gunung bersama keluarga. Ada banyak momen yang tak bisa dilewatkan yang dapat mengakrabkan keluarga dalam kegiatan mendaki gunung, misalnya saat menapak jalan menanjak dan menyusuri sungai kecil.
 
Namun, kegiatan mendaki gunung bersama keluarga bisa menjadi 'bencana' kala tidak disertai dengan persiapan yang baik. Luka bakar, gigitan serangga, bahkan dehidrasi dapat menyerang anak - anak yang belum terbiasa menjalani kegiatan luar ruangan seperti ini.

Terus bagaimana membuat kegiatan ini menyenangkan saat bersama keluarga? Berikut ini tips - tipsnya.

Beri Gambaran Pada Anak Tentang Kegiatan yang Akan Dilakukan
Penting bagi anak mengetahui seperti apa medan yang akan ditempuh dan apa yang akan mereka lakukan ketika perjalanan mendaki gunung. Meskipun Anda harus memberi tahu bahwa mereka harus selalu mawas diri, tetapi yakinkan pada mereka kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang seru dan takkan terlupakan.

Carilah Informasi Tentang Area Pendakian
Sangat penting untuk mengetahui area pendakian yang akan dilalui bersama keluarga. Carilah track yang tidak terlalu menyulitkan, khususnya bagi anak - anak yang masih kecil. Anda tak mau 'kan kegiatan pendakian berakhir dengan anak - anak yang rewel karena track yang terlalu panjang dan melelahkan?

Pilih Sepatu Yang Aman Dan Nyaman
Tidak ada yang dapat menggantikan kenyamanan sepatu yang digunakan pendaki dalam acara mendaki gunung. Hal ini sangat penting, maka disarankan agar memilih sepatu yang memang dirancang untuk melindungi area pergelangan kaki dan anti selip. Hindari menggunakan sandal yang terbuka untuk anak - anak. Jika menggunakan sepatu lari, pastikan mengenakan kaos kaki setinggi lutut untuk menghindari cedera dan gigitan serangga yang ada di tanah.

Ajari Anak Etika Saat Berada Di Alam Bebas
Mendaki gunung bermanfaat untuk belajar saling menghormati satu sama lain. Ajarilah anak untuk menghormati tanaman - tanaman yang ada di jalur pendakian dengan tidak sembarangan memetiknya, selalu menjaga ketenangan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Pastikan Perbekalan Yang Cukup
Anak - anak memerlukan energi yang cukup untuk melakukan pendakian. Bawalah sebotol besar air minum dan cemilan ringan yang mengenyangkan, misalnya roti gandum. Hindarilah terlalu banyak gula - gulaan yang dimakan selama perjalanan.

Semoga tips ini membantu persiapan perjalanan Anda yang menyenangkan bersama keluarga ya, Selamat berpetualang!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Tips Mendaki Gunung Bersama Keluarga Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad