Tuesday, September 9, 2014

Inilah Keunikan Di Gunung Papandayan

Keunikan Di Gunung Papandayan

Mendaki gunung banyak digunakan oleh para penggiatnya untuk sekedar berbagi rasa dengan alam dan menghilangkan kepenatan dalam hidup keseharian. Pada saat mendaki gunung, apa yang Anda temukan selain keindahan dan kemegahan alamnya? Banyak bukan? Apa sajakah itu?

Tegal Alun
Cobalah Anda mendaki Gunung Papandayan, gunung api strato yang berada di wilayah Kabupaten Garut. Gunung yang memiliki ketinggian 2665 meter di atas permukaan air laut itu terkenal karena kawahnya serta keindahannya. Lalu, apa saja keunikan yang bisa ditemukan di Gunung Papandayan ini?

4 Kawah Di Gunung Papandayan 
Banyak pendaki yang pernah mendaki Gunung Papandayan hanya bercerita kalau di gunung tersebut ada kawah. Kawah Papandayan. Tetapi tahukah Anda ada 4 kawah dan apa nama kawah - kawah tersebut? Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nanglak, dan Kawah Manuk yang kesemuanya mengeluarkan uap yang mengandung belerang.

Curug Papandayan
Anda yang sering naik gunung mungkin akan senang setelah mengetahui bahwa ada kawasan curug yang tidak diketahui oleh banyak orang. Di Curug ini, Anda bisa merasakan betapa indahnya wilayah Gunung Papandayan dan betapa dinginnya udara di situ. Ya, bayangkan saja bagaimana mandi di kawasan yang temperatur udaranya 10 derajat Celcius!

Sejarah Letusan
Tahukah Anda kalau Gunung Papandayan sudah meletus sebanyak 4 kali? Letusan tersebut terjadi pada 12 Agustus 1772, 11 Maret 1923, 15 Agustus 1942, dan 11 November 2002 dengan letusan paling besar terjadi pada tahun 1772. Letusan terbesar itulah yang mengakibatkan 2957 orang meninggal, 40 desa hancur, dan daerah sekitarnya tertutup karena longsor.

Sumber Air Panas
Kawasan Kawah memang dekat dengan sumber air panas. Tetapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa di wilayah ini terdapat blok khusus sumber air panas yang terletak di wilayah perbatasan Blok Cigenah. Sama seperti sumber air panas di wilayah gunung dan kawah lainnya, di Cigenah ini juga Anda bisa mandi air panas yang mengandung belerang dengan khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.


Hutan Mati
Yang paling unik dan misterius adalah Hutan Mati yang bisa Anda temui saat berjalan - jalan dari Pondok Saladah menuju Padang Edelweis Tegal Alun. Hutan Mati ini disebut begitu karena banyak pohon - pohon dengan batang yang masih berdiri kokoh, namun tidak berdaun sama sekali. Sampai saat ini, belum ada pemberitahuan mengenai rahasia apa yang ada di balik hutan mati tersebut sehingga terkesan sangat misterius, mencekam, namun penuh dengan pesona keindahan.

Babi Hutan
Di kawasan ini, Anda juga masih bisa menemukan babi hutan yang berkeliaran di wilayah sekitar kawah. Jadi, untuk Anda yang melakukan perjalanan sore menuju malam sebaiknya berhati - hati jangan sampai menjadi mangsa sang babi hutan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Keunikan Di Gunung Papandayan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad