Friday, October 31, 2014

Berenang Bersama Baby Shark Di Taka Bonerate - Kepulauan Selayar

Lokasi : Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate - Kepulauan Selayar
Taka Bonerate yang menjadi kawasan atol terbesar ketiga di dunia ini terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, serta 21 buah pulau kecil yang terbentuk dari endapan pasir dan pecahan terumbu karang. Karakteristik pulau-pulaunya sama, yaitu berpasir putih. Banyak hamparan pasir timbul yang biasanya dikenal sebagai ‘gusung’, namun disebut sebagai ‘bungin’ di sana. Bungin ini akan muncul apabila air sedang surut, dan tenggelam saat air pasang. Pulau lain yang bagus untuk menjadi objek fotografi adalah Pulau Lantigiang yang kecil dan tidak berpenghuni.
Bagi penikmat pemandangan bawah laut, kita bisa melakukan beach entry untuk diving ataupun snorkeling di halaman depan pulau. Selain itu, di sekeliling Pulau Tinabo ini ada beberapa titik penyelaman, seperti Ibel Orange yang mempunyai gundukan karang membentuk bukit di bawah laut, Softcoral Point yang didominasi oleh soft coral, serta Kampung Nudi yang terkenal sebagai tempat ngumpulnya si imut nudibranch. Bahkan di kanan kiri dermaga Tinabo pun koralnya bagus dan banyak ikan. Selain itu, hanya di Tinabo kita bisa bermain-main dengan belasan baby shark yang berenang bebas di pinggir pantai depan RESORT!

Lokasi : Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate - Kepulauan Selayar
Menuju Taka Bonerate memang bukan hal yang mudah. Kecuali kamu orang yang beruntung. Butuh persiapan yang matang dan budget yang tidak sedikit, mengingat akses ke sana yang susah dan jauh. Sebagai trip planner kali ini, awalnya saya sedikit kesusahan mencari info tentang Taka Bonerate. Rencana awal yang telah disusun rapi, di hari H justru banyak berubah, dan untungnya malah jadi lebih menyenangkan. The best part is, para peserta trip ini nerimo, enggak cerewet sama kekurangan-kekurangan yang ada, dan gokil!

Hal menyenangkan pertama adalah ketika ada perubahan tempat menginap, yang awalnya akan menginap di rumah penduduk di Pulau Rajuni, akhirnya harus berpindah ke Pulau Tinabo. “Kalau ke Taka Bonerate itu wajib menginap di Tinabo. Pulaunya sepi. Di depan penginapan kita bisa langsung lihat sunset, dan jalan ke belakangnya sudah bisa lihat sunrise,” kata seorang teman di Selayar. Siapa yang gak ngiler diceritain yang seperti itu?

Lokasi : Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate - Kepulauan Selayar
Hal menyenangkan kedua, pada saat sampai di Pulau Tinabo kami disambut oleh pelangi yang melengkung di atas pulau! “Wah, ini pemandangan langka lho. Kalian beruntung,” kata seorang petugas di sana. Ihiy! Memang saat itu cuaca di Taka Bonerate sedang agak labil, sebentar hujan sebentar panas.

Temukan kami ya di : http://intaninchan.wordpress.com/
plh.indonesia
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berenang Bersama Baby Shark Di Taka Bonerate - Kepulauan Selayar Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad