Friday, October 31, 2014

Pantai Senggigi, Surga Tersebunyi Di NTB

Lokasi : Pantai Senggigi NTB
Berwisata ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan sangat ‘durhaka’ rasanya jika tak menyempatkan diri menengok kemolekan Pantai Senggigi. Pantai yang terletak 12 km di sebelah barat laut Kota Mataram ini nyaris mirip Kuta Bali.

Masyarakat sering menyejajarkan keindahan pantai senggigi ini dengan pantai-pantai ternama di Pulau Bali, seperti Kuta, Legian, dan Sanur. Bahkan, keindahan Pantai Senggigi sering dilukiskan melebihi pantai-pantai tersebut, karena kondisinya yang jauh lebih nyaman dan tenang.

Pantai ini memiliki ombak tak begitu besar. Karang-karang di tengah laut yang menjulang memecah ombak besar di tengah. Garis pantainya yang panjang semakin cantik dengan gradasi pasirnya dari hitam ke putih. Lanskap Gunung Agung di pulau seberangnya (Bali) menambah keelokan.

Pantai Sengigi tetangga dekat Gunung Rinjani. Keduanya sama-sama terletak di Lombok Barat. Kecantikan garis pantai yang bersih membuat turis-turis mancanegara senang berjemur di sepanjang pantai. Kondisi alam yang relatif masih perawan menambah nilai plus. Sebagian yang lain memilih berenang, snorkling dan diving.

Pemeliharaan pantai inipun patut diacungi jempol. Air lautnya begitu jernih dan bersih. Tidak ada sampah sedikit pun di sana. Bahkan, turis bisa melihat ikan yang sedang berenang bebas bersama kawanannya dari atas permukaan lautnya. Dari atas permukaan, kita juga bisa melihat terumbu karang yang masih terawat.

Lokasi : Pantai Senggigi NTB
Pantai ini sangat mudah dijangkau. Dari Bandara International Selaparang Lombok, para pelancong bisa menggunakan angkutan umum menuju Lombok Barat. Lama perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam.

Apabila bertolak dari Pulau Bali, wisatawan dapat berangkat dari Pelabuhan Karang Asem menggunakan kapal feri menuju Senggigi, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Selain dari Pelabuhan Karang Asem, wisatawan juga dapat berangkat dari Pelabuhan Padang Bay di Bali menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Dalam perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan juga munculnya ikan lumba-lumba yang SALING berkejaran mengikuti kapal. Perjalanan Padang Bay—Lembar dengan kapal feri memakan waktu sekitar 4 jam. Setelah sampai di Pelabuhan Lembar, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Mataram. Dari Kota Mataram, Pantai Senggigi berjarak 11 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan taksi dan kendaraan umum lainnya.

Setelah puas menikmati keindahan alam Pantai Senggigi, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan wisatanya menuju tempat-tempat wisata yang tak jauh dari lokasi pantai. Beberapa lokasi wisata yang tak kalah menarik antara lain, tiga Gili (pulau kecil): yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, Pantai Kerandangan, dan Pantai Batu Layar, yakni tempat suci bagi para penganut Islam Wetu Telu di Pulau Lombok (suku Sasak).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pantai Senggigi, Surga Tersebunyi Di NTB Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad