Friday, October 17, 2014

Jalan Jalan ke Wisata Air Panas Alami "Sari Ater Bandung"

Lokasi : Pemandian Air Panas Ciater Bandung
Daerah Ciater memiliki udara yang sejuk, cenderung dingin. Jika Anda sedang dalam kendaraan menuju lokasi pemandian air panas Ciater, maka Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah dengan melewati kebun-kebun teh nan hijau. Ini sangat menyegarkan mata! Wisata Ciater Bandung dapat ditempuh baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Jarak antara Ciater dengan Kota Bandung hanyalah sekitar 32 km dan memakan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jika Anda sedang menikmati wisata Lembang, maka untuk pergi ke Wisata Ciater hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai, jaraknya sekitar 15 km. Dari kawah Gunung Tangkuban Perahu, jarak ke Ciater hanya sekitar 7 km saja.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, rute perjalanan Jakarta – Ciater dapat ditempuh melalui 2 opsi jalur, yaitu lewat jalur Puncak (212 km) dan jalur tol Cikampek – Bekasi (185 km). Jika Anda menggunakan angkutan umum, maka setelah tiba di kota Bandung, Anda selanjutnya dapat mengambil angkot menuju terminal Ledeng. Lalu, dari terminal ini Anda naik lagi angkot jurusan Ledeng – Lembang. Dan setelah tiba di terminal Lembang, Anda dapat mengambil angkutan umum jurusan Lembang – Subang. Dari terminal Lembang, perjalanan ke Wisata Ciater hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Anda akan turun di Jln. Cagak, Kecamatan Ciater dan telah sampai di lokasi kolam air panas Ciater tersebut.

Lokasi : Pemandian Air Panas Ciater Bandung
Pemandian Air Panas Ciater Bandung
Untuk dapat masuk ke tempat wisata Ciater Bandung ini, Anda harus membayar tiket masuk wisata sebesar Rp 14 ribu dan untuk menikmati pemandian air panas Ciater Bandung, maka Anda harus membayar tiket mandi air panas sebesar Rp 80 ribu per orang. Harga 80 ribu ini untuk pemandian air panas yang berbentuk kolam, jika Anda ingin tempat pemandian air panas yang lebih sederhana, maka biayanya sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu. Harga kolam pemandian air panas Ciater yang bervariasi ini menjadi opsi yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Lokasi : Pemandian Air Panas Ciater Bandung
Air panas di Ciater mengandung kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, mineral, serta hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen, juga dengan tingkat keasamannya yang sangat tinggi, yaitu ph 2,45. Air panas di Ciater ini dapat mengobati penyakit kulit, juga berkhasiat untuk terapi penyembuhan rematik, gangguan syaraf dan tulang, serta penyembuhan kelumpuhan yang diakibatkan oleh penyakit darah tinggi atau stroke. Oleh karena itu, sejumlah tempat di Ciater juga menyediakan fasilitas terapi pengobatan. Ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang hendak melakukan terapi berendam air panas alam secara rutin.

Kolam pemandian air panas Ciater Bandung memang telah terkenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Bandung yang digemari, baik oleh pengunjung dalam negeri dan luar negeri. Banyak pengunjung datang ke tempat air panas Ciater bersama dengan keluarga mereka, juga ada yang rombongan, pasangan, dan individu-individu. Setiap hari, wisata Ciater Bandung didatangi kurang lebih 60 ribu orang setiap harinya. Itu angka rekor kunjungan per hari di Ciater. Sebagai sebuah tempat wisata yang integral dengan wisata Bandung, eksistensi tempat air panas Ciater sungguh positif bagi kepariwisataan di Jawa Barat.

Lokasi : Pemandian Air Panas Ciater Bandung
Tempat wisata pemandian air panas Ciater juga menawarkan beragam fasilitas yang dapat Anda nikmati, di antaranya fasilitas olahraga dan permainan, kolam pemancingan, wahana anak-anak, tempat outbond, bumi perkemahan, dan aneka fasilitas penunjang lainnya. Jika Anda ingin menginap dan menghabiskan malam dalam perjalanan wisata Ciater Bandung, telah tersedia beragam penginapan, bahkan bungalo berbagai tipe yang dapat dipilih. Tentu saja, ada beberapa penginapan yang juga menyediakan fasilitas internet hotspot untuk Anda.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jalan Jalan ke Wisata Air Panas Alami "Sari Ater Bandung" Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad