Friday, December 19, 2014

Longsor Banjarnegara, Salah Siapa ?

Longsor Banjarnegara, 3 Tewas dan 105 Rumah Hancur
Longsor terjadi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat, 12 Desember 2014, pukul 18.00 WIB. Longsor ini menimpa perumahan warga di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar yang sebelumnya dilanda hujan deras. 

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan tiga warga ditemukan tewas, tiga orang mengalami luka berat dan 13 orang luka ringan yang kini dirawat di rumah sakit. Sekitar 105 unit rumah diperkirakan tertimbun longsor. (Baca: Korban Tewas Longsor Banjarnegara Bertambah.)

Menurut Sutopo, hujan deras, suasana gelap, serta ancaman longsor susulan menyebabkan evakuasi sulit dilakukan. "Selain itu komunikasi juga sulit karena tidak ada sinyal," katanya kepada Tempo.

Selain di Karangkobar, bencana longsor terjadi di Wanayasa Banjarnegara dan di Wonosobo. 
Sutopo menjelaskan, longsor terjadi di Wanayasa pada Kamis, 11 Desember 2014. menyebabkan pengungsi menjadi 379 jiwa. Pengungsi tersebar di beberapa daerah, seperti Dusun Puncil Desa Karangtengah, Dusun Wadas Desa Pandansari, Desa Dawuhan, Desa Ngasinan Kecamatan Pejawaran, dan di Desa Sijeruk Kecamatan Banjarmangu. akibat bencana ini, Suheri, 65 tahun, warga desa Sidengok, Kecamatan Pejawaran, tewas tertimpa longsor.

Di Wonosobo, akibat bencana tanah longsor pada Kamis, 11 Desember 2014, telah ditemukan korban meninggal dunia Taroni, 60 tahun, disebabkan tertimbun longsor tebing di ladang. Korban ditemukan di tumpukan tanah yang terkena longsoran, Jumat, pukul 10.00 WIB.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Longsor Banjarnegara, Salah Siapa ? Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/