Friday, December 19, 2014

Gunung Gamalama Meletus, 8 Pendaki Terjebak, 1 Belum Ditemukan

Gunung Gamalama meletus terlihat dari udara di atas Ternate, Maluku Utara
Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, meletus pada Kamis malam, 18 Desember 2014. Gunung api setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu mengeluarkan suara gemuruh disertai asap tebal condong ke timur selatan kota Ternate.

Sekitar sembilan orang  pencinta  alam, warga kota Ternate yang hendak melakukan pendakian gunung  di lokasi  letusan  dilaporkan terjebak. Namun sebanyak delapan orang di antaranya telah berhasil ditemukan oleh  tim evakuasi.

Tim menemukan mereka dalam kondisi tidak berdaya di lokasi  tidak jauh  dari lokasi  gunung  api Gamalama. Bahkan  sebagian mengalami patah tulang  kaki dan tulang belakang terkena serpihan batu  letusan gunung.

Delapan orang itu saat ini masih dirawat secara intensif di rumah sakit umum daerah Chasan Bisori, Ternate.

Sementara seorang dari mereka belum ditemukan sampai saat ini. Tim terus melakukan pencarian meski dihadang oleh  debu tebal yang menutupi jalan menuju puncak.

Kepala Pemantau Gunung Api Gamalama Ternate, Darmo Lamani, mengatakan  bahwa status gunung api Gamalama sejak tadi malam dinaikkan dari  waspada menjadi siaga level III.

Sejak tadi malam hingga pagi ini kota Ternate  terus diselimuti debu setebal 2 sentimeter, sementara gunung api terus mengeluarkan semburan debu disertai asap hitam  tebal .

Badan Penangulangan Bencana Daerah kota Ternate  sejak malam tadi terus memantau dan  bersiaga  di sejumlah pos  yang telah di bentuk pemda kota Ternate. Namun sejauh ini belum ada satu warga pun diungsikan terutama di daerah  rawan bahaya Gamalama.
From : Syafrudin Ganda (Ternate)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gunung Gamalama Meletus, 8 Pendaki Terjebak, 1 Belum Ditemukan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad