Saturday, January 3, 2015

Berkunjung Ke Pulau Kalong Rinca - Komodo Island.

Lokasi : Pulau Kalong Rinca - Komodo Island.
Labuan bajo adalah nama kota pelabuhan yang terletak di ujung barat pulau Flores Kabupaten manggarai barat Nusa tenggara timur. Kebanyakan pengunjung bila sudah berada di tempat ini, mereka tidak lupa mengunjungi pulau Komodo, pulau Rinca dan pulau kecil lainya yang ada disekitar perairan labuan bajo seperti : Pulau Sabolo, pulau Pungu, pulau Mesa, pulau Sabayur, pulau Kanawa, pulau Papagaran, pulau Kukusang, pulau Bidadari, pulau Kelor.
Di pulau Komodo dan pulau Rinca kita akan melihat binatang purba Komodo Varanus dan habitat lainya seperti: Kerbau, Rusa, Monyet, Ular dan beberapa jenis burung. Selain itu kita akan di temani oleh pantai pasir putih, air laut yang bening, terumbu karang yang indah dan beraneka jenis ikan kesukaan kita. Pantai di setiap pulau diatas sangat menjanjikan dimana kita dapat berenang atau snorkeling menikmati taman laut yang mempesona.

Lokasi : Pulau Kalong Rinca - Komodo Island.

Bagaimana cara kita untuk mengunjungi pulau-pulau itu?
Di Labuan Bajo ada beberapa Travel Agent ( Biro Perjalanan ) yang terpercaya untuk mengurusnya, atau kita dapat melakukannya sendiri dengan menyewa perahu yang tersedia di dermaga dengan harga yang sangat murah tapi menu makanan serta fasilitas kapalnya sangat sederahana, itupun bila kita pandai bernegosiasi dengan pemiliknya ( Tanpa Ansuransi Kecelakaan ), Harga penyewaan kapal sudah termasuk makan dan minuman alakadarnya, seperti: Ikan Goreng, MI Goreng, Cap Cay, Kerupuk Goreng, Pisang Goreng, Kopi atau Teh. Perlengkapan didalam kapal biasanya ada:  Alat-alat untuk memancing, kacamata dan sepatu untuk berenang, Matras atau spon untuk tidur, Bantal dan selimut, semuanya geratis bila cocok harga untuk sehari atau dua hari perjalanan. Berbeda bila kita menyewa kapal pesiar yang di organisir oleh biro perjalanan, menu makanan dan perlengkapan kapalnya banyak pilihan, atau lebih exklusive dan sudah termasuk ansuransi kecelakaan.

Di bawah ini aku menceritakan pengalamanku selama mengikuti progeram perjalanan bersama wisatawan beberapa tahun yang lalu menuju pulau Rinca dan Pulau Komodo. Pada tahun itu kami menyewa kapal yang kapasitasnya 15 ton ( Kapal perahu layar biasa yang ada di dermaga ) Perjalanan kami dimulai dari pelabuhan Labuan bajo jam 08.00am, menuju pulau Rinca.
Selama berlayar atau di perjalanan kami menemukan ikan lumba-lumba lagi bermain ombak, Burung-burung yang lagi asyik menangkap ikan dan melewati beberapa pulau kecil disekitarnya seperti: Pulau Pungu, pulau Kusan, Pulau Kalong dan pulau kecil lainnya.

Lokasi : Pulau Kalong Rinca - Komodo Island.
Setibanya di dermaga Loh Buaya ( Pulau Rinca ) Kami dipersilahkan turun untuk menikmati keindahan alam pulaunya yang di pandu oleh seorang Guide dari Taman Nasional Komodo (TNK), Kami melihat Komodo, rusa, kerbau, monyet dan bermacam jenis burung.
Pemandangan dari atas bukit yang ada di pulau itu sangat mempesona, walaupun pulaunya gersang tapi selalu setia ditemani oleh pohon lontar dan rumput savana. Setelah jalan-jalan mengelilingi pulau itu, Kami kembali ke basekamp untuk beristrahat sejenak sambil menikmati minuman dingin yang ada di Kaffetaria, Lalu menuju keatas kapal, Dan kapal itu mengantar kami menuju ke pulau kecil yang nan cantik, letaknya berhadapan dengan dermaga Loh Buaya.

Di pulau itu kami dipersilahkan untuk berenang menikmati terumbu karang dan berjemuran diri diatas pasir putih yang bersih.” Makan siang diatas kapal”.
Setelah makan siang kami berlayar lagi mencari tempat untuk memancing. Sore harinya kami berlayar menuju pulau Kalong, dan kami bermalam diatas kapal tepatnya didepan pulau itu. Biasanya pukul 5.30 pm, kita harus sudah berada didepan pulau kalong, karena jam 06.00 pm, bertepatan dengan matahari tenggelam burung kalong itu akan berterbangan, dan terbangnyapun melewati diatas kapal yang kita tumpang. Dari atas kapal itu kita dapat mengambil gambar atau photo sepuasnya bersama burung kelelawar atau kalong. Setelah menikmati terbangnya burung kelelawar untuk mencari makan malam, hidangan makan malam untuk kita-pun turut hadir. Aktifitas kami di malam hari saat itu: Memancing ikan, bermain kartu, bermain catur dan bermain gitar bersama Anak buah kapal.

Lokasi : Pulau Kalong Rinca - Komodo Island.
Keesokan harinya, Pukul 05.00 am, Kapal yang kami tumpang sudah membunyikan mesinnya untuk berlayar lagi menuju pulau Komodo. Diperjalanan kami disuguhkan sarapan pagi: Pisang goreng, Roti tawar dan telur rebus, Kopi panas dan Teh panas.
Seperti biasa setibanya di dermaga Loh Liang (Pulau Komodo) Kami dipersilahkan turun menuju Basekamp ( Front Office) Mendengar cerama dari petugas TNK, lalu kami jalan-jalan yang di pandu oleh beberapa guide dari TNK.

Setelah jalan-jalan melihat Komodo dan menikmati keindahan alam pulau komdo, kami kembali ke basekamp untuk beristrahat sejenak sambil menikamti minuman dingin yang ada di Kaffetaria, lalu menuju keatas kapal karena masih berlayar lagi menuju ke Pink Beach. Di pantai itu kami dipersilahkan untuk berenang dan jalan-jalan di pantai, tapi mata kita harus aktif melihat kiri dan kanan, jangan sampai ada sikomo lewat, karena pink beach masih sedaratan dengan pulau komodo. Setelah makan siang kami berlayar menuju pulau Kanawa, Pantai yang pasirnya putih dengan terumbu karang yang mempesona. Di pulau kecil itu ada penginapannya dengan harga yang relatif murah dan pondok penginapannya sangat menarik (Simple but sure)

Perjalanan kami didalam dua hari pada tahun itu sangat menyenangkan dan kami puas menikmati keindahan taman laut yang ada di perairan komodo dan labuan bajo. Pada sore hari kapal mengantar kami pulang ke pelabuhan labuan bajo, Dan perjalanan kami untuk dua hari saat itu berakhir di dermaga.
Ada beberapa Tip yang mengkin perlu untuk kita: Bila berada didalam kapal harap jangan malu untuk bertanya atau berkomonikasi dengan anak buah kapal dan Juraganya. Mereka siap melayani permintaan kita setiap saat, Seperti; kopi dan teh atau informasi lainnya.

Lokasi : Pulau Kalong Rinca - Komodo Island.
Kegiatan lain di Labuan bajo selain mengunjungi pulau Rinca dan Komodo, Kita dapat mengunjungi pulau - pulau yang ada disekitar perairan labuan bajo, seperti mengunjungi:
Pulau Seraya dan Pantai Batu Gosok.
Pulau Sabolo dan Pantai Waececu.
Pulau Pungu dan Pulau Kanawa.
Pulau Bidadari dan Pantai Pede.

Yang berminat dengan perjalanan seperti ini silahkan mengunjungi Biro perjalanan terdekat, atau kontak Biro perjalanan yang ada di Labuan bajo flores barat. NTT.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berkunjung Ke Pulau Kalong Rinca - Komodo Island. Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/