Monday, January 5, 2015

Inilah Perlengkapan Esensial Saat Mendaki Gunung

Inilah salah satu Perlengkapan Esensial Saat Mendaki Gunung 
Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan mengalami tersasar di gunung, atau istilah kerennya situasi survival. Banyak para pendaki gunung, atau day hiker yang mengalami situasi ini tanpa mereka sadari sebelumnya. Bagi pendaki yang selalu penuh persiapan baik mengenai pengetahuan survival maupun perlengkapan survival kits nya akan lebih penuh percaya diri dalam menghadapi situasi survival yang tiba-tiba sudah berada dihadapannya. Survival kits yang dijual di pasaran dewasa ini ada banyak beragam jenis dan penggunaan, MountMag merekomendasi kan 10 perlengkapan esensial yang pelru selalu dimiliki oleh pendaki gunung sebagai tambahan pada survival kits umum yang selama ini selalu ada dalam kantong survival kits Anda.
1. Handphone.
Dengan kemajuan teknologi, banyak HP smartphone yang beredar dengan fitur-fitur menunjang navigasi selain itu jakauan BTS sinyal di Indonesia sudah cukup lumayan bisa menjangkau beberapa pegunungan. Sehingga HP akan sangat membantu pendaki/hiker yang tersasar untuk mengontak temannya dan memberitahukan posisinya. Sehingga SAR bisa bergerak cepat.
2. Peta.
Peta area lokasi dimana berkegiatan, namun perlu diingat bawalah peta sesuai dengan lokasi Anda, terkadang peta satu gunung terlalu luas, sehingga badan pembuat peta membaginya menjadi beberapa bagian, jadi bawalah peta sesuai lokasi pendakian anda agar efektif penggunaannya.
3. Kompas.
Tak pelak lagi merupakan barang wajib yang harus dipunya oleh penggiat alam bebas dan sudah tentu harus mengerti cara menggunakannya
4. P3K Kits.
Satu set kecil P3K kits akan sangat berguna bagi anda di alam bebas, bawalah obat-obat yang sesuai dengan medan yang akan Anda hadapi dan juga obat untuk penyakit khusus jika Anda memiliki riwayat sebuah penyakit kambuhan misalnya jika berpenyakit asma, maka oksigen kecil inhaler pastinya akan Anda
butuhkan untuk berjaga-jaga, atau obat mag bagi penderita mag.
5. Senter/headlamp.
Senter atau bisa juga headlamp saya masukan kedalam 10 perlengkapan esensial karena perlengkapan ini akan sangat Anda butuhkan saat berada dialam bebas, biarpun Anda dalam perjalanan hiking satu hari pulang pergi ada baiknya senter ataupun headlamp Anda bawa karena Anda tidak akan pernah tahu nasip yang akan membawa Anda, bisa saja Anda tersasar dan melewati malam di tengah hutan, dengan memiliki senter Anda memiliki penerangan yang sudah akan pasti mempengarui juga tingkat rasa percaya diri Anda melewati malam terlebih jika Anda seorang diri. Selalu juga sertakan cadangan battery khusus untuk senter Anda, hindari membawa senter-senter hias seperti yang banyak dijual akhir-akhir ini belilah senter yang memang ditujukan untuk kegiatan pendakian gunung karena memang dirancang tangguh terhadap medan alam bebas.
6. Lighter(korek gas) dan fire starter.
Kecil tapi sangat esensial, Anda akan sangat membutuhkannya untuk membuat api. Selalu bawa dua lighter untuk berjaga-jaga. Fire starter juga akan menjadi sangat beguna disaat lighter Anda sudah tidak berfungsi kedua-duanya.
7. Hypothermia blanket.
Perlengkapan yang biasanya digunakan untuk menyelamatkan penderita hypothermia ini juga akan sangat bermanfaat disaat darurat, bisa Anda jadikan bivy sack darurat. Bahkan karena terbuat dari aluminium foil dengan sendirinya hyporthemia blanket gunung dimana anda menghadapi situasi survival. ini tahan air dan sangat berguna sebagai tempat perlindungan dari hujan. Selain itu sudah pasti berguna memberikan kehangatan untuk Anda saat melewati malam yang dingin di tengah hutan gunung dimana anda menghadapi situasi survival.
8. Whistle atau peluit.
Terkadang suara teriakan tidak cukup jauh jarak tempuhnya untuk didengar orang, memiliki peluit akan sangat membantu Anda dalam memberikan komunikasi pada rekan Anda saat Anda terpisah dari kelompok atau pun pada tim SAR yang kemungkinan tidak melihat Anda tapi Anda bisa melihat mereka, namun akan lebih baik juga jika Anda menghafal korde dasar morse agar komunikasi permintaan bantuan Anda bisa mudah dimengerti.
9. Botol Air.
Banyak pendaki gunung yang kadang mengabaikan hal ini, padahal botol air (bukan botol air mineral) akan memberikan nilai tambah untuk Anda saat dalam situasi survival, seperti yang diketahui air adalah elemen paling penting dalam survival, orang dewasa bisa bertahan 3 minggu tanpa makanan tapi hanya 3 hari tanpa air. Dengan memiliki botol minum Anda juga seperti memiliki asuransi untuk bertahan hidup, karena Anda mempunyai wadah tempat menyimpan air yang bisa digunakan setiap Anda menemukan sumber-sumber air.
10. Signal Miror.
Dewasa ini sudah banyak dijual dipasaran signal mirror yang memang dirancang khusus untuk memberikan signal minta bantuan atau memberitahukan posisi pada helikopter tim SAR yang mungkin tidak melihat Anda dari udara. Keuntungan dari singal mirror ini dibanding kaca biasa adalah ada lubang bidiknya, jadi kita tinggal mengarahkan pada helikopter dan dengan sendirinya titik pantulan dari cahaya matahari akan pas mengenai helikopter tersebut.
Ke 10 perlengkapan esensial tersebut diatas akan sangat berguna saat Anda berada dalam keadaan darurat tersasar di tengah hutan gunung. Ingatlah selalu persiapan yang baik dan perhitungan yang matang dalam perencanaan perjalanan pendakian Anda kadang memberikan keuntungan tambahan disaat situasi darurat tiba-tiba sudah ada di depan Anda. From Sekolah Gunung
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Perlengkapan Esensial Saat Mendaki Gunung Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/