Thursday, March 19, 2015

Mengenal Pulau Buru - Maluku

Pulau Buru Maluku
Pulau Buru merupakan salah satu pulau yang masuk dalam gugusan kepulauan Maluku. Dan salah satu pulau terbesar setelah Pulau Halmahera dan Pulau Seram.

Sebagai salah satu pulau tropis yang dimiliki Indonesia, pulau Buru tidaklah dijadikan tujuan wisata untuk para pelancong.

Melainkan sebagai tempat pengasingan tahanan politik (tapol) pada masa pemerintahan Soeharto atau pada era Orde Baru.

Tidak kurang dari 10 ribu tapol yang dibuang ke Pulau Buru dengan label bahwa orang tersebut telah berkhianat pada negara dengan ikut serta dalam gerakan 30 Sepetember atau PKI.

Pulau Buru

Tapi nyatanya tidak hanya orang yang ikut dalam organisasi PKI saja yang dibuang ke Pulau Buru, tapi juga para aktivis yang berani mengkiritik rezim baru secara tegas seperti pujangga Paromoedya Ananta Noer.

Para tapol mulai diasingkan ke Pulau Buru dari tahun 1969 yang dibagi dalam 3 gelombang pembuangan dan dikelompokan dalam 3 golongan yaitu golongan A, B dan C.

Tapol dengan golongan A dipastikan akan mendapat hukuman mati, golongan B hanya mendapat hukuman berupa dibuang ke Pulau Buru, sedangkan golongan C mendapat hukuman lebih ringan.

Disamping sebagai tempat pembuangan para tahanan politik sebenarnya pula Buru merupakan penghasil minyak kayu putih dan telah mejadi lumbung padi terbesar di Pulau Maluku.

Juga menyimpan keindahan alam berupa pantai pasir putih, Jikumerasa yang berada di kecamatan Namlea.

Selain itu Pulau Buru juga masih menyimpan jejak – jejak penjajahan Belanda berupa benteng yang masih berdiri tegak dan meriam yang ada di desa Kayeli.

Dan bila saja pemerintah sedikit lebih mengahargai peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di Pulau Buru, tentu Pulau Buru bisa lebih maju dibanding sekarang.

Karena pada dasarnya kamp – kamp bekas tempat pembuangan tapol bisa dijadikan aset sejarah yang sangat berharga sebagai bukti kekejaman rezim Orde Baru.

Tapi sayangnya kesadaran pemerintah dan warga sekitar sangat minim, sehingga kamp – kamp pembuangan tersebut hanya berakhir sebagai pemukiman warga. From http://indobeta.com/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Pulau Buru - Maluku Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/