Friday, April 10, 2015

Pesona Alam Keidri "Air Terjun Dolo"

Lokasi : Air Terjun Dolo - Kediri
Setelah dari Kelud sehari sebelumnya, saya jalan-jalan lagi ke tempat wisata lain di kediri, yaitu Besuki. Kalau di jawa barat besuki ini bisa disamakan dengan kawasan puncak, terletak di dataran tinggi dan banyak berdiri villa peristirahatan. Besuki dapat dicapai satu jam perjalanan dari kota kediri.

Di besuki ada tiga air terjun, yaitu air terjun irenggolo, air terjun parijoto, dan air terjun dolo. Dari hasil googling, saya dapati yang paling indah adalah air terjun dolo. Maka ke sanalah saya menuju. Untuk masuk ke kawasan wisata besuki kita dikenakan retribusi Rp.3000,-.

Lokasi air terjun dolo paling tinggi dibanding yang lain. Letaknya juga paling jauh, empat kilometer dari komplek villa besuki. Jalan kesana menanjak tajam. Hati-hati bagi yang kendaraannya sudah renta, bisa-bisa nggak kuat naik.

Lokasi : Air Terjun Dolo - Kediri
Pemandangan di sepanjang jalan menuju air terjun dolo istimewa. Di kanan jalan berupa hutan tropis lebat, sementara di kiri jalan terpampang panorama indah lereng gunung wilis. Titik tertinggi yang kita lewati untuk ke air terjun dolo adalah 1400 meter dari permukaan laut. Kebayang dong kerennya. Dari salah satu titik kita bisa melihat kota kediri dan kota tulungagung nun jauh di bawah sana.

Sebagaimana umumnya wisata air terjun, begitu sampai di parkiran kita harus berjalan kaki lagi menuju air terjun. Tapi di air terjun dolo, jalan kakinya nggak tanggung-tanggung. Kita harus menuruni tangga dengan jarak yang sangaaat jauh! Mungkin ada 1000 anak tangga.

Tiap berpapasan dengan pengunjung yang naik saya sampai nggak tega melihat tampang mereka. Tatapan sendu mereka seolah melarang saya turun, daripada menyesal. Suara gemuruh air terjun dari jauh memang sudah terdengar, tapi tetap aja nggak sampai-sampai. Sepanjang perjalanan turun yang saya bayangkan bukan keindahan air terjun, tapi betapa capeknya nanti harus naik lagi.

Setelah setengah jam akhirnya saya sampai di air terjun dolo. Alhamdulillah yah, air terjunnya bagus! Airnya juga jernih. Worth it lah dengan tenaga yang kita keluarkan.

Lokasi : Air Terjun Dolo - Kediri
Air terjun dolo terdiri dari tiga tingkat. Dua tingkat terbawah tingginya masing-masing empat meter. Yang paling keren tentu tingkatan paling atas. Tingginya sekitar 30 meter. Debit airnya tidak besar seperti coban rondo, tapi juga tidak sekecil dlundung. Pas lah. Dan karena airnya tidak terlalu deras kita jadi bisa mandi di bawah curahan air terjunnya.

Kebetulan waktu saya datang ada mas-mas yang lagi mandi di bawah air terjun dolo. Saya pun ikut- ikutan. Langsung deh buka baju, buka celana trus pelan-pelan masuk ke kolam air terjun. Begitu air sampai di pinggang saya berhenti. Kok agak dingin ya..? O mungkin harus berendam seluruh badan. 1 2 3 saya pun menyelam sampai kepala. Dan aarrgghh!!! Airnya dingin sekaleeee. Belum apa-apa badan saya sudah menggigil. Dikuat-kuatin pun tetap aja nggak sanggup berendam lagi, apalagi sampai ke bawah air terjun.

Ya sudahlah mau gimana lagi. Badan yang biasanya kena angin laut ini rupanya harus menyerah pada dinginnya air gunung. Beruntung waktu itu saya tinggal sendirian jadi nggak ada yang memperhatikan dan menertawakan kalau saya telah ‘gagal total’.

Saran buat yang mau ke sini sebaiknya hindari hari libur karena pada waktu tersebut air terjun dolo pasti dipadati pengunjung. Lebih baik datang pada hari kerja seperti saya. Pengunjung cuma satu dua, jadi berasa air terjun pribadi. Salam dari kami, Jalan kemana ghitu
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pesona Alam Keidri "Air Terjun Dolo" Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/