Sunday, May 10, 2015

Menikmati Indahnya Pantai Kapoposan Kab. Pangkajeknek - Sulsel

Lokasi : Pantai Kapoposan Kab. Pangkajeknek - Sulsel
Kapoposang… Tempat ini mungkin asing bagi mereka yang tidak biasa berteman dengan laut. Namun bila anda backpacker atau petualang bahari hingga peneliti. Kapoposang menjadi surga bagi mereka. Pemandangan yang terindah mulai dari daratannya hingga bawah lautnya. Apabila anda sudah banyak tahu mengenai kapoposang atau pun anda tidak tahu sama sekali. Sedikit gambaran tentang kepulauan kapoposang. Kapoposang adalah pulau yang berpantai pasir putih bersih, dihiasi oleh kelapa dan pohon cemara dengan masyrakat suku bugis yang ramah. Lingkungannya pun masih asli dan bersih, anda akan sulit mendapat sampah yang berserakah dan anda bisa menyelusuri jalan setapak dengan lampu jalan yang berasal dari hasil tenaga surya. Belum lagi keindahan bawah lautnya yang menyimpan keaslian. Terumbu karang, penyu, kima dan bahkan hiu paus (hiu paus yang bersahabat) bisa anda saksikan bila beruntung.

Lokasi : Pantai Kapoposan
Kab. Pangkajeknek - Sulsel
Cara mudah dan murah ke pulau kapoposang

Pemandangan yang indah tentunya berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan.
Sayangnya untuk akses kesana kita harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit .Bagaimana tidak, kita diharuskan menyewa kapal paling murah adalah 1,2 juta belum termasuk makan. Mmm… suatu harga yang fantastis bagi para traveler apalagi kita dalam kondisi kanker (Kantong Kering). Tapi….. itu sih dulu. Sekarang saya (penulis) akan berbagi mengenai tips murah ke kapoposang. Mengakses surga bahari di pulau celebes ini. Simak baik-baik ya cara termurah ke pulau kapoposang:

1. Arahkan perjalanan anda ke daerah pelabuhan paotere, 
Makassar anda akan menggunakan kapal tradisional yang dipakai bukan terletak di pelabuhan besar paoterenya melainkan memilih area kanal tempat dimana perahu’jolloro’ (perahu tradisional makassar) berlabuh. Tempatnya skitar 30 meteran dari gerbang pelabuhan paotere.

2. Pilih kapal yang ingin ke pulau Gondong Bali, 
kepulauan Kapoposang harus diketahui bahwa kepulauan kapoposang masuk kabupaten pangkep. Harga yang harus dibayar kesana adalah Rp. 25.000 sekali pergi. Untuk jadwal kapal ke pulau gondong bali biasanya hari Rabu dan Sabtu dengan jadwal berangkat ke pulau yaitu pukul 10:00 pagi memerlukan waktu 5 jam untuk sampai yaitu pada pukul 15:00. Sekedar bocoran info nama pemilik kapal ato kaptennya pak Taufik, info ini seharusnya anda ketahui karena hanya satu kapal yang berangkat kesana.

3. Sesampai di pulau gondong bali yang telah masuk kepulauan Kapoposang namun intinya yaitu pulau Kapoposang yang memiliki surga bawah dan atas air laut.

4. Karena tidak ada kapal reguler menuju pulau Kapoposang, sehingga anda harus menyewa perahu jolloro dari gondong bali. Lanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu ke pulau kapoposang yaitu sekitar 100 ribu dengan estimasi waktu 30 mnit dengan jarak 3 mil. Anda juga bisa berbagi misalnya 5 orang membayar masing-masing 20 ribu.

5. Untuk akses balik kamu bisa membuat perjanjian dengan pemilik perahu jolloro untuk dijemput dengan waktu yang telah disepakati kembali ke pulau Gondong Bali

6. Kembali ke Makassar kapal regulernya adalah setiap rabu dan sabtu namun anda bisa bertanya karena ada juga yang biasanya setiap hari ke makassar dengan biaya yang lebih.

Lokasi : Pantai Kapoposan
Kab. Pangkajeknek - Sulsel
Dengan biaya murah tentunya ada kekurangannya. Anda harus menyiapkan waktu yaitu pulang balik hari rabu dan sabtu bila ingin kepastian perjalanan. Jangan lupa juga minum anti mabuk laut bagi anda yang sering mabuk kendaraan karena perjalanan ke Taman Wisata Perairan (TWP) Kapoposang. 

Jadi anda bisa menghemat biaya dari 1.200.000 menjadi 90.000 untuk pulang pergi. Untuk penginapan beserta makannya anda bisa mendapatkan yang murah yaitu 150.000… 

Sekedar saran untuk para traveler karena kepulauan kapoposang adalah daerah konservasi ada baiknya anda turut menjaga kelestarian pulau dan bawah laut dengan tidak mengambil hewan-hewan yang dilindungi termasuk penyu dan kima serta tidak membuang sampah disembarangan tempat. Saya kira semua traveler sudah tahu aturan tidak tertulis itu… 

Wajib ya menjaga lingkungan setelah membaca cara termurah ke pulau kapoposang..Ok. Enjoy your trip…
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menikmati Indahnya Pantai Kapoposan Kab. Pangkajeknek - Sulsel Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/