Sunday, June 14, 2015

Inilah Tips Persiapan Penting Sebelum Naik Gunung

Inilah Tips Persiapan Penting Sebelum Naik Gunung
Tidak sedikit yang mulai menyukai pendakian gunung. Tetapi sebelum hal itu dilakukan, ada baiknya kamu perlu membaut persiapan yang matang. Mengurangi resiko celaka dalam banyak hal saat di gunung. Naik gunung baiknya dilakukan dengan fisik yang sehat, serta perlengkapan yang memadai. Jangan hanya karena menuruti rasa suka dan ingin, kemudian tanpa persiapan yang matang.

Fisik Yang Memadai
Salah satu syarat penting yang harus dimiliki pendaki sebelum baik gunung fisik yang memadai. Membicarakan fisik, bukan berarti harus berotot seperti binaragawan, namun sehat. Itu yang terpenting.

Untuk mendapat kondisi fisik yang memadai, sangat disarankan bagi calon pendaki untuk melakukan jogging atau latihan secara rutin dan berkala. Selain menyehatkan, olahraga rutin juga dapat membuat tubuh lebih fit saat melakukan pendakian.

Lagipula, fisik yang baik juga mengurangi resiko cedera saat tengah menggendong tas kerir yang berat. Tentunya Anda tidak mau kelelahan saat mendaki akibat kurang latihan fisik sebelumnya kan? Makanya persiapan fisik dulu sebelum mendaki.

Cari Informasi
Selain kondisi fisik yang fit, informasi juga merupakan salah satu hal utama yang harus dipersiapkan sebelum naik gunung. Selalu usahakan untuk mencari tahu, perihal ketinggian gunung, rute, hingga kondisi dan waktu terbaik untuk naik gunung.

Informasi pun bisa didapat dengan membaca berita di Belantara Indonesia misalnya, maupun dari situs lembaga kehutanan atau informasi dari teman yang sudah pernah mendaki. Percayalah, informasi tersebut tidak hanya berguna, namun juga penting.

Selain itu informasi juga dapat menjadi pertimbangan bagi pendaki untuk memilih gunung, maupun mencari waktu terbaik untuk mendaki. Informasi itu memang sangat penting. 

Persiapkan Peralatan
Apabila sudah menyiapkan fisik dan mencari informasi, maka hal penting yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah peralatan naik gunung. Sebelum naik gunung, persiapkan tas carrier, tenda, kompor, sleping bag, sandal gunung, jaket, hingga obat - obatan untuk jaga - jaga.

Walau semua perlengkapan yang disebutkan sebelumnya penting, namun pastikan kamu membawa peralatan yang dibutuhkan agar tidak memberatkan tas. Tidak perlu memaksakan diri untuk membawa banyak barang, apalagi jika malah menyusahkan diri sendiri saat pendakian.

Jika ingin lebih ringan, usahakan pergi dengan beberapa teman. Minimal kamu bisa membagi berat tas dan perlengkapan yang perlu dibawa dengan rekan pendakian.

Penuhi Prosedur Naik Gunung 
Umumnya hampir setiap gunung yang berada dalam naungan Taman Nasional memiliki petugas untuk mengawasi gunung dan para pendaki. Sebelum mulai mendaki, pastikan Anda singgah di kantor Taman Nasional dan melakukan registrasi lebih dulu.

Dengan melakukan registrasi data diri sebelumnya, pihak petugas akan tahu perihal keberadaan kamu. Bukan tanpa alasan, jika sewaktu - waktu terjadi hal yang tidak diinginkan di gunung, para petugas dapat segera turun untuk menolong.

Lagipula kamu juga dapat bertanya perihal gunung yang akan didaki di pos Taman Nasional. Sudah tentu para petugas paham akan kondisi gunung, sehingga dapat memberikan saran terbaik soal pendakian. Semoga berguna!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Tips Persiapan Penting Sebelum Naik Gunung Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/