Wednesday, June 3, 2015

Pendaki Pemula Hilang di Gunung Penanggungan

Rifki Pangestu (16) asal Desa Jemundo
Lagi, seorang pendaki pemula dilaporkan hilang saat mendaki Gunung Penanggungan melalui jalur Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Mojokerto.

Pendaki atas nama Rifki Pangestu (16) asal Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Sidoarjo, ini terpisah dari rombongannya sejak Selasa (2/6) dini hari dan hingga berita ini dipublish Survivor belum ditemukan.

Kasi Pelayanan PMI Mojokerto yang turut dalam pencarian, Didik Soedarsono mengatakan, Survivor diketahui mendaki bersama 10 temannya melalui jalur Tamiajeng, Trawas pada Senin (1/6).

Sampai di puncak bayangan Gunung Penanggungan pada Selasa (2/6) sekitar pukul 01.00 Wib, rombongan pendaki ini berkemah.

Saat sedang berkemah di puncak bayangan dengan ketinggian sekitar 1.300 mdpl, Rifki pamit ke salah seorang temannya untuk mencari signyal handphone sekaligus mandi. Sejak saat itu, teman-teman Rifki tak lagi melihatnya.

“Menurut rombongan pendaki lain, pukul 02.30 Wib sempat bertemu Rifki di pos 3 dan sempat bertegur sapa. Pendaki lainnya pukul 03.00 Wib juga berpapasan dengan Rifki. Setelah itu tak ada lagi yang menjumpainya,” sebut Didik dalam keterangan pesan singkat kepada Forumhijau.com, Rabu (3/6/2015).

Lantaran tak kunjung kembali, lanjut Didik, rekan-rekannya berusaha mencari ke puncak Penanggungan di ketinggian 1.653 mdpl. Sekitar pukul 10.00 Wib, rekan-rekan Rifki melapor ke pos pendakian Tamiajeng lantaran pencarian tak membuahkan hasil.

“Setelah dilakukan penyisiran ke tempat-tempat yang dicurigai didatangi Rifki, hingga pukul 22.00 Wib remaja asal Desa Jemundo ini belum ditemukan,” imbuhnya.

Sementara anggota Basarnas Surabaya, Asnawi Suroso mengatakan, menerima laporan hilangnya Rifki timnya datang ke Tamiajeng sejak Selasa (2/5) malam.

Pihaknya berkoordinasi dengan keluarga Rifki, potensi SAR, pihak kepolisian dan LMDH di pos pendakian Tamiajeng.

“Sejak kemarin malam kami masih melaksanakan tahapan preliminary mode dengan cara pencarian ke pihak sanak saudara Survivor, ke rumah teman-teman korban yang dekat dengan Gunung Penanggungan, ke rumah warga di kaki gunung dengan harapan korban berada di tempat-tempat tersebut,” kata Asnawi.

Pagi ini operasi SAR sedang digelar untuk mencari Rifki. “Pukul 08.00 Wib tadi operasi SAR kami mulau sampi ada kabar keberadaan Survivor,” tandasnya.

Bagi Sobat greener FHI yang ingin menjadi Relawan SRU silahkan merapat ke lokasi pencarian.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pendaki Pemula Hilang di Gunung Penanggungan Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/