Monday, July 20, 2015

Disinilah Tempat Paling Indah Lihat Punvak gunung Merapi

Puncak Gunung Merapi dari kejauhan
Gunung Merapi menyisakan panorama unik yang sayang untuk pendaki lewatkan saat liburan ke Yogya. Nah, tempat terbaik untuk menikmati puncak Merapi ada di kawasan Deles Indah. Pemandangan yang indah dan sejuknya pasti bikin pendaki  tak mau pulang. Pasir - pasir Gunung Merapi membentang di kawasan puncak. Lereng - lerengnya yang terjal dengan bongkahan batu menantang. Jurang yang dalam dengan tebing - tebing bebatuan menjadi pemandangan tersendiri yang bisa dinikmati.

Deles Indah adalah salah satu lokasi alternatif menyaksikan pongahnya puncak salah satu gunung teraktif di dunia. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Boyolali, Magelang, dan Klaten di Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Deles Indah, pengunjung dapat menyaksikan puncak Merapi dari ketinggian sekitar 1.400 Mdpl. Jika cuaca sedang cerah, maka kubah kawah akan terlihat jelas, berikut hamparan pasirnya. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat sisa - sisa keganasan awan panas Merapi, tampak beberapa pohon mengering terbakar.

Bagi yang suka tantangan sedikit mendaki ke atas akan dijumpai Goa Jepang dan Puncak Sapuangin. Meski begitu, tidak dianjurkan mendaki Gunung Merapi melalui jalur ini sebab kondisi medannya yang ekstrim dan terjal.

Pintu Masuk Ke Deles Indah
Kawasan hutan pinus dan akasia yang ada di kawasan ini membuat hawa kian adem. Kalau beruntung, kita juga dapat bercengkerama langsung dengan kera - kera yang turun gunung mencari makan.

Di sekitar tempat wisata juga terdapat spot untuk latihan grass track atau adu nyali dengan offroad. Sehingga jika datang di hari libur, pengunjung akan berpapasan dengan motor - motor trail dengan roda yang penuh lumpur. Karena ini wisata di gunung, pengunjung harus berhati - hati. Sebab, Deles Indah banyak jurang - jurang dalam terlebih jika membawa anak kecil.

Minimnya tempat sampah juga tidak boleh diartikan membuang sampah sembarangan. Ada baiknya menyediakan sendiri kantong plastik khusus sampah dan dibawa kembali. Sehingga, sampah berserakan tidak mengotori keasrian Deles Indah yang memang masih alami.  Untuk menengok tempat ini, lokasinya sekitar 30 kilometer dari Kota Klaten.

Tidak seperti tempat - tempat wisata pada umumnya, untuk mencapai objek wisata yang masuk dalam Taman Nasional Gunung Merapi ini sulit dijangkau dengan kendaraan umum. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi terutama motor, karena topografinya yang menanjak dan agar bisa menjangkau lokasi yang lebih atas. Di perjalanannya pun harus ekstra waspada sebab kendaraan akan kerap berpapasan dengan truk-truk dengan muatan pasir merapi.

Pengunjung sebaiknya jangan datang terlalu pagi atau lewat jam tiga sore karena turun kabut. Selain itu, lebih baik membawa bekal pribadi dari rumah. Hanya satu dua warga yang membuka warung dengan jajanan seadanya. Namun, untuk oleh - oleh, beberapa warga menjual madu asli yang bisa dibawa pulang oleh pendaki. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Disinilah Tempat Paling Indah Lihat Punvak gunung Merapi Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/