Monday, July 20, 2015

Inilah Jalur Pendakian Terekstrim Di Indonesia

Jalur Pendakian Gunung Kerinci - Jambi
Gunung Kerinci di Propinsi Jambi adalah salah satu gunung tertinggi dengan  jalur terekstrem se Indonesia. Bila Anda penyuka kegiatan yang memacu adrenalin, silahkan mencoba mendaki gunung ini dan rasanya tak bisa di ungkapkan dengan kata - kata! Gunung Kerinci adalah salah satu gunung dengan trek pendakian tersulit. Memang belum jadi favorit seperti Semeru atau Rinjani, namun tak sedikit pendaki yang menjadikan Kerinci sebagai gunung impian mereka.

Dengan ketinggian 3.805 Mdpl, Kerinci adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Anda yang liburan ke Jambi bisa mendakinya dengan menuju Desa Kersik Tuo yang masuk dalam wilayah Jambi, namun lebih dekat dari Kota Padang. Jarak tempuhnya 6 - 8 jam dari ibukota Sumatera Barat tersebut.

Sepanjang jalur pendakian, terdapat 6 titik yang terdiri dari 3 pos pendakian dan 3 shelter pendakian. Banyak shelter pendakian yang dijadikan lokasi untuk para pendaki berkemah.

Jalur dari pendakian Gunung Kerinci memang tidak mudah. Trek pendakian Gunung Kerinci sendiri disebut dengan jalur air. Pada awalnya pendaki akan melalui pintu rimba, yaitu pintu masuk menuju trek pendakian Gunung Kerinci lalu pendaki akan melewati tiga pos.

Trek dari pos satu ke pos tiga masih terbilang belum begitu sulit, di mana jalur berupa jalan yang agak landai dan sedikit tanjakan yang didominasi akar - akar pohon yang besar.

Jalur Pendakian Gunung Kerinci - Jambi
Jalur Gunung Kerinci
Setelah melewati pos tiga, pendaki akan melewati shelter satu. Biasanya banyak pendaki yang memilih bermalam di sini. Selanjutnya, perjalanan dari shelter satu menuju shelter tiga sudah mulai berat. Trek didominasi tanjakan terjal dan licin.

Pendakian semakin berat ketika memasuki perjalanan dari shelter dua ke shelter tiga. Pendaki akan melewati jalur air yang sesungguhnya, berupa jalan sempit dan tanjakan curam yang tertutup oleh ranting - ranting. Di sini pendaki benar - benar diuji mental dan semangatnya.

Setelah berhasil melewati trek yang ekstrem, pendaki akan sampai di shelter tiga. Biasanya disini banyak pendaki yang bermalam lagi untuk kemudian bersiap summit attack. Puncak Gunung Kerinci bisa ditempuh sekitar 2 - 4 jam mendaki, tergantung kondisi fisik masing - masing.

Puncak Gunung Kerinci - Jambi
Perjalanan menuju puncak Gunung Kerinci dari shelter tiga tak kalah berat. Treknya melewati jalur bebatuan yang berpasir dan berkerikil. Sebelum sampai di puncak, pendaki akan melewati Tugu Yuda. Jika sampai di Tugu Yuda ketika Matahari terbit, kita akan melihat keindahan sunrise yang muncul dari Danau Gunung Tujuh, keindahan yang luar biasa menakjubkan.

Dari Tugu Yuda, perjalanan menuju puncak ditempuh sekitar 30 menit. Setelah perjuangan melewati jalan yang terjal, pendaki akan sampai di puncak Gunung Kerinci. Atap Sumatera!

Rasanya sungguh mengharukan berada di puncak Gunung Kerinci dengan segala perjuangan melewati trek esktremnya. Mendaki Gunung Kerinci akan jadi momen hidup yang tak terlupakan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Jalur Pendakian Terekstrim Di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/