Sunday, July 26, 2015

Inilah Tips Agar Tetap Sehat Saat Mendaki Gunung

Tips Agar Tetap Sehat Saat Mendaki Gunung
Saat mendaki gunung, badan sehat tentu hal pokok yang di butuhkan. Tubuh yang segar dan kuat sangat dibutuhkan saat berusaha menggapai puncak tertinggi di gunung. Banyak pendaki yang tidak bisa melanjutkan perjalanan hingga ke puncak dikarenakan kondisi tubuh yang tidak memungkinkan seperti sakit, lelah dan lain sebagainya.

Bagi para pendaki, melangkah menuju puncak merupakan hal yang sangat mendebarkan. Meski dilanda rasa lelah dan medan yang begitu sulit, semuanya akan terbayar ketika para pendaki sampai kepuncak. Pemandangan indah akan menghapus semua rasa lelah para pendaki.

Namun dalam mendaki gunung juga memiliki resiko, diantara berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja ketika Anda sedang dalam perjalan pendakian. Agar dalam pendakian Anda aman dan untuk mencegah penyakit menghampiri Anda. Anda perlu melakukan  tips ini.

Berdoa
Berdoa walaupun sulit dibuktikan secara ilmiah, namun berdoa sangat penting dilakukan saat Anda mengawali segala aktivitas apapun, termasuk sebelum melakukan pendakian. Doa bisa membantu pikiran Anda tetap positif dan membuat Anda dalam keadaan beruntung. Jadi sebelum Anda melakukan pendakian baiknya Anda dan teman - teman melakukan doa bersama terlebih dahulu untuk keselamatan dan kelancaran selama perjalanan pendakian.

Lakukan Peregangan Sebelum Dan Sesudah Pendakian
Berolah raga secara rutin atau melakukan perenggangan sebelum melakukan pendakian akan membantu memulihkan otot dengan cepat dan mencegah keram. Jika Anda langsung melakukan pendakian tanpa pemanasan terlebih dahulu, bukan tidak mungkin ditengah perjalanan akan merasa pegal - pegal, badan terasa kaku dan keram sehingga sangat mengganggu perjalanan Anda. Untuk menghindari ini baiknya jauh - jauh hari melakukan olah raga secara rutin atau setidaknya melakukan pemanasan sebelum melakukan pendakian.

Minum Air Secukupnya
Saat melakukan pendakian, tubuh melakukan aktivitas fisik yang membuat kekurangan cairan. Pendakian merupakan aktivitas fisik yang membakar kalori, walaupun udara terasa dingin, namun tubuh akan tetap mengeluarkan keringat. Aktivitas ini tentunya memicu dehidrasi dan kekurangan cairan. Kondisis seperti ini akan berakibat fatal jika di biarkan, namun banyak pendaki yang mengabaikan hal ini. Untuk mengurangi resiko mengalami dehidrasi, Anda harus minum air secukupnya. Jika dihari biasa Anda minum air sebanyak 2 liter, mungkin saat mendaki bisa minum 5 - 6 liter.

Lindungi Kulit Dari Sinar Ultraviolet
Udara di pegunungan memang dingin dan sejuk, namun Anda juga tidak boleh membiarkan kulit terkena sinar Matahari secara langsung. Sinar Matahari memang sehat namun jika mengabaikan hal ini, kulit bisa terbakar dan terasa perih. Selalu gunakan jaket dan celana panjang atau pakaian tertutup lainnya. Gunakan juga masker untuk melindungi bibir dari pecah - pecah.

Persiapan Yang Cukup
Udara di pegunungan sangat dingin, tentunya persiapan harus cukup dan memadai. Tidak hanya udara dingin saja, namun cuaca buruk juga kerap menghantui para pendaki. Untuk itu Anda harus benar - benar melakukan persiapan dan bekal yang cukup.

Jangan Tergesa - Gesa Ingin Cepat Sampai Puncak
Saat melakukan pendakian, kondisi udara tentunya jauh berbeda dengan yang ada di tempat tinggal kita. Tubuh akan melakukan penyesuaian, Anda tidak boleh menganggap remeh hal ini, walaupun tidak kasat mata, namun jika tubuh tidak dapat melakukan penyesuaian secara sempurna, bukan tidak mungin akan terserang penyakit Mountain Sickness di atas gunung. Gejala mulai dari mual, lemas, tidak nafsu makan. Hal ini sangat berbahaya, karena jika di biarkan pendaki bisa kehilangan nyawa.

Bawalah Obat - Obatan
Tubuh kita berbeda dengan orang lain, Anda yang paling paham dengan keadaan tubuh sendiri, penyakit apa yang Anda derita dan obat apa yang Anda perlukan. Walaupun mungkin tidak menderita penyakit apapun, bukan berarti Anda tidak perlu membawa obat - obatan. Ingat di dalam perjalanan pendakian segala hal bisa terjadi seperti kecelakaan adan lain sebagainya, dan disana tidak ada dokter ataupun apotek. Jadi Anda harus persiapkan obat dari rumah
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Tips Agar Tetap Sehat Saat Mendaki Gunung Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/