Monday, October 19, 2015

Kepulauan Anambas : Salah Satu Kepulauan Tropis Terbaik di Asia

Panorama Alam Kepulauan Anambas Kepulauan Riau
Percayakah Anda kalau salah satu kepulauan tropis terbaik di Asia ada di Indonesia? Kepulauan itu bernama Anambas!

Ada satu kepulauan di garis batas terdepan Indonesia yang menjadi buah bibir internasional. Kepulauan Anambas namanya. Di tahun 2013, CNN.com menobatkan Anambas sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia, mengalahkan Koh Chang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Halong Bay (Vietnam), dan Similan (Thailand). Hebat, ya?
Anambas yang terletak di Laut Cina Selatan ini termasuk bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Walau demikian, Anambas memiliki ibu kotanya sendiri, yaitu Tarempa, yang berada di Pulau Siantan, salah satu dari tiga pulau terbesar di sana. Dua pulau terbesar lainnya adalah Palmatak dan Jemaja.

Dengan total 255 pulau serta laut biru nan indah yang mengelilingi, tak heran Anambas mendapatkan gelar tersebut. Belum lagi aneka biota lautnya yang warna warni dan cantik sekali, menjadi favorit para penyelam. Sementara untuk yang suka berjemur, pantai berpasir putih sudah menanti dan pohon kelapa di sepanjang pantai siap melindungi.

Berikut ini beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi jika Anda ingin diving ataupun sekadar snorkeling di Anambas :

1. Pulau Penjalin, Pulau Selat Rangsang, Pulau Bawah
Selain pantai dan laut yang memesona, Anambas juga memiliki banyak laguna yang terpisah dari lautan lepas. Laguna atau danau air tawar  ini membentuk beberapa pulau lain, seperti tiga pulau ini. Istimewanya, ketika air laut surut, pulau-pulau itu jadi saling terhubung oleh gundukan pasir.

Anda bisa berenang, snorkeling, atau berkano di sini juga lho. Dasar dari laguna berupa pasir putih halus dengan terumbu karang kecil dan bebatuan yang menghiasi. Pemandangan yang terlihat cantik sekali. Sementara di Pulau Bawah, ada bukit di tengah-tengah pulau dan Anda bisa naik ke atas bukit untuk mengambil foto pemandangan yang indah.

Panorama Alam Kepulauan Anambas Kepulauan Riau
2. Pulau Durai
Ukurannya memang tidak terlalu besar, tetapi keindahannya sangat memesona. Apalagi, di sana ada tempat konservasi penyu. Biasanya, puluhan penyu betina bisa terlihat di bibir pantai ketika sore menjelang. Mereka akan menggali pasir untuk bertelur.

3. Pantai Tanjung Momong dan Pasir Manang
Berlokasi di Pulau Siantan, lanskap alamnya sangat menakjubkan. Ditambah dengan air laut yang jernih, hamparan pasir putih yang berbatu, dan terumbu karang, kedua pantai ini cocok sebagai tempat untuk menikmati matahari terbit maupun terbenam.

Panorama Alam bawah laut Kepulauan Anambas Kepulauan Riau
4. Tempat Diving
Bagi Anda yang suka diving, Anda wajib mengunjungi beberapa spot diving favorit, seperti Tokong Berlayar, Malang Biru, Kataoka Reef, dan Seven Skies Wreck. Namun perlu diketahui, mengingat lokasi Anambas masih sangat terpencil, sangat disarankan untuk Anda membawa perlengkapan diving maupun snorkeling sendiri, karena penyewaan alat menyelam masih sangat terbatas.

Cara menuju Anambas
Anda dapat terbang ke Tanjung Pinang, lalu lanjutkan penerbangan ke Bandara Matak di Palmatak. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke pelabuhan dengan menggunakan mobil (biaya RP 30.000) dan ke kota Tarempa dengan speed boat (biaya Rp 50.000). Sebagai alternatif, setelah terbang ke Tanjung Pinang, Anda bisa menggunakan ferry ke Tarempa. Waktu tempuhnya lebih kurang 9 jam dan biaya Rp 405.000. Kapal ini berangkat tiap hari Selasa dan Jumat dari Tanjung Pinang dan kembali dari Tarempa tiap hari Rabu dan Sabtu.

Panorama Alam Kepulauan Anambas Kepulauan Riau
Di samping itu setelah sampai di Tanjung Pinang, Anda juga bisa berwisata ke Anambas dengan menggunakan MV.VOC Batavia dan MV.Seven Star Island yang melayani ruteTanjung Pinang – Tarempa. Harga tiketnya adalah Rp 310.000 sekali jalan dan berangkat tiap hari Minggu, Senin, Rabu, dan Jumat dari Tanjung Pinang. Sementara itu, kapal dari Tarempa akan berangkat tiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk kembali ke Tanjung Pinang.

Panorama Alam bawah laut Kepulauan Anambas Kepulauan Riau
Ada juga kapal Pelni KM. Bukit Raya dan KM. Binaiya yang berangkat tiap dua minggu sekali dengan rute Kijang-Letung-Tarempa. Waktu tempuhnya berkisar  18 jam dan harganya adalah Rp 145.000. Pilihan lain, Anda juga bisa naik kapal ferry perintis KM. Sabuk Nusantara, KM. Terigas, dan KM. Gunung Bintan yang melayani rute yang sama, dengan jadwal yang sama pula. Harga tiket kapal ini lebih ekonomis, yaitu Rp 45.000, dengan waktu tempuh yang juga lebih lama.

Perjalanan ke Anambas memang menantang, meskipun demikian semua rasa lelah pasti akan sirna begitu Anda tiba di sana. Jadi, tunggu apalagi? Ayo segera cari tiket murah ke Tanjung Pinang untuk ke Anambas lewat Skyscanner!

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kepulauan Anambas : Salah Satu Kepulauan Tropis Terbaik di Asia Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/