Thursday, July 21, 2016

Lestarikan Lagu Daerah Battik-Battik Selayar Sulsel

Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali saat pengambilan gambar video klip di ruang kerjanya 
PLH Silajara - Dalam upaya melestarikan dan mengembangkan lagu daerah Battibatti salah satu kesenian tradisional Kabupaten Kepulauan Selayar, pemerintah membuat video melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Selayar.

Atas upaya tersebut, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pemain Batti-Batti atas terciptanya video tersebut. “Mudah-mudahan pembuatan video ini berjalan sukses dan lancar dan bisa kita perkenalkan kesenian ini kepada masyarakat luas,” terang Basli Ali usai pengambilan gambar video klip di ruang kerjanya, Kamis (21/7/2016).

Dalam pengambilan video klip tersebut terpantau turut mendampingi Kadis Budpar Selayar Kadafi Syahrir bersama dengan Zuhri pembina Sanggar Seni Teratai Passiana.

Dalam naskah yang dibacakan oleh Bupati Kepulauan Selayar menyebut bahwa kesenian tradisional Batti-batti ini biasa dipertunjukkan pada pesta perkawinan, hajatan ataupun pada keramaian lain.

Awal munculnya kesenian inipun diperdengarkan oleh seorang nelayan yang sedang berlabuh di pantai. "Keselarasan dentingan gambus dengan kata-kata puitis yang dilantunkan membuat Batti-batti mampu menembus ke perkampungan bahkan sampai keluar provinsi," ucapnya.

Basli Ali bertutur bahwa syair-syair berbalas dalam Batti-batti didominasi oleh ungkapan perasaan yang lahir dari hati dan pikiran secara spontanitas. "Olehnya itu banyak digemari masyarakat, dan kita berupaya untuk melestarikan kesenian ini," tutur Basli. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lestarikan Lagu Daerah Battik-Battik Selayar Sulsel Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/