Thursday, July 21, 2016

Inilah Tips Pendakian Ke Gunung Sindoro Via Jalur Kledung Untuk Pemula

Lokasi : Puncak Gunung Sindoro
Sobat Sispala - seiring perkembangan zaman, saat ini Mendaki gunung sudah menjadi sebuah trend di kalangan anak muda. sebenarnya sudah dari dari dahulu banyak yang menggemari kegiatan mendaki gunung ini. Karena banyaknya foto-foto di media sosial seperti instagram, facebook, path, dll menjadi populer di kalangan anak muda masa kini, kegiatan menantang yang satu ini pun mendadak jadi banyak peminatnya.

bahkan banyak juga yang tadinya tidak dan belum pernah melakukan kegiatan mendaki gunung, saat ini menjadi menyukai kegiatan ini. katanya sih biar kekinian dan gak kudet. hayoo ngaku, diantara kalian ada kan yang seperti itu? tapi yang jelas kegiatan yang satu ini bukan kegiatan sembarang untuk asal coba-coba lho. karena diperlukan persiapan yang cukup matang untuk memulainya.

Untuk kalian pemula yang ingin naik gunung besar pertama kali, saya sarankan sih naik Gunung Sindara atau biasa disebut Gunung Sindoro. gunung ini merupakan  gunung vulkano aktifyang  terletak di Jawa Tengah, tepatnya berada daerah Temanggung dan berbatasan dengan Wonosobo. Gunung Sindoro miliki ketinggian 3.153 mdpl, jadi sangat cocok untuk para pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung untuk pertama kalinya.

Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing, seperti Gunung Merapi dan Merbabu. Basecamp Sindoro dan Basecamp Sumbing pun tidak jauh, hanya terletak beberapa meter saja, basecampnya pun sangat mudah untuk ditemukan karna di depan jalan raya sudah terlihat. Untuk mencapai puncak Sindoro ada dua jalur favorit para pendaki yaitu jalur Kledung dan jalur Sigedang. Sebernanya terdapat beberapa jalur untuk mencapai puncak Gunung Sindoro yaitu Jalur Kledung, Jalur Sigedang, Jalur Sibajak, Jalur Jlumprit.

Namun Jalur Kledung banyak dipilih karena memiliki jalur pendakian tercepat diantara jalur lainya. Jalur pendakian dari basecamp Kledung menuju pos 1 kalian memerlukan waktu sekitar 1,5 jam selama perjalanan, kalian akan menikmati segarnya pemandangan perkebunan dan ladang warga sekitar. jalan yang dilalui masih jalanan aspal dan jalan berbatu, selanjutnya tak jauh dari ladang warga kalain akan menemukan pos bayangan disana kalian akan menjumpai tukang ojek untuk menawarkan jasanya. kalau enggak mau kelamaan, kalian bisa menggunakan jasa ojek untuk mempersingkat waktu pendakian. bulan desember 2015 lalu saya kesana harga tarifnya untuk satu orangnya dikenakan biaya Rp 15.000.

Pos 1 – setelah sampai pos 1 kalian akan melanjutkan perjalanan dengan jalan setapak dan mulai menemukan jalan menanjak berbelok dan menurun dengan pemandangan pepohonan hijau. Waktu yang dapat di tempuh dari pos 1 ke pos 2 sekitar 1 jam perjalanan.

Pos 2 – berupa bangunan kayu seperti warung yang sudah tidak berpenghuni, berada di pinggir jalan. Ada kayu memanjang juga untuk sekedar duduk-duduk untuk istirahat sebentar. Dari pos 2 menuju pos 3 perjalanan semakin menanjak dan berbatu, dan dari sini juga kita dapat melihat pemandangan Gunung Sumbing, dari pos 2 menuju pos 3 waktu yang ditempuh sekitar 2-3 jam.

Pos 3 – merupakan sebuah dataran yang cukup luas, pos 3 ini cocok sekali untuk mendirikan tenda. Untuk trek pendakian dari pos 3 menuju pos 4 akan ditemui jalanan yang cukup curam dan didominasi banyak bebatuan, terkadang tanjakan akan susah untuk di lalui. namun pemandangan pepohonan yang rindang dan alang-lang akan menemani perjalanan. Waktu yang dapat kalian tempuh dari pos 3 menuju pos 4 yaitu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Pos 4 – biasa disebut Batu tanah. Pos ini hanya sebuah dataran, namun tidak disarankan untuk mendirikan tenda karena angin di tempat ini bisa datang tiba-tiba dan akan menerjang tenda.

Dari pos 4 ini kita akan meneruskan perjalanan yang menanjak dan berbatu. disepanjang perjalanan ini kalian akan menemukan hutan lamtoro. setelah melewati hutan lamtoro kita akan sampai di padang Edelweis. Pemandangan bunga Edelweis yang tumbuh disekeliling membuat semakin semangat untuk mencapai puncak, karena dari padang Edelweis ke puncak hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam lagi.

di puncak Gunung Sindoro terdapat dua kawah. di musim penghujan, salah satu dasar kawanya tedapat genangan air yang bisa di jadikan sumber air untuk memasak.

Nah sekarang kita kalkulasikan waktu perjalanan tadi,

BASECAMP – Pos I (1,5 jam)
Pos I – Pos II Cawang (1 jam)
Pos II – Pos III Seroto (2 jam)
Pos III – Pos IV (1,5 jam)
Pos IV – Puncak (1,5 jam)
Total perjalanan = 7,5 jam. Estimasi waktu turun bisa kita kurangi 20-40% menjadi sekitar 4-5 jam jam perjalanan.

TIPS UNTUK MELAKUKAN PENDAKIAN

  1. jangan mendaki di musim hujan
  2. Latihan fisik seperti olahraga kecil sebelum hari H, agar tubuh tidak kaget dan kram.
  3. Usahakan minimal 3 orang untuk melakukan pendakian (1 orang yang sudah pernah mendaki)
  4. Bawa cukup bekal makanan dan minuman, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Jangan lupa bawa obat-obatan, oksigen, baju hangat dan tissu basah sangat di butuhkan saat pendakian.

dicopas dari telusurindonesia.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Tips Pendakian Ke Gunung Sindoro Via Jalur Kledung Untuk Pemula Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/