Tuesday, August 2, 2016

Inilah Agenda Tomohon International Flower Festival 2016 Di Manado

Tomohon International Flower Festival 2016 Di Manado
PLH Indonesia - Siapkan tiket terbang dan akomodasi ke Manado. Dari ibu kota Sulut ini lalu jalan darat ke Kota Tomohon, 8-12 Agustus 2016 mendatang.

Ada apa? Ada pesona bunga di sana. Yap, Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 digelar.

“Saya senang, laporan tahun 2016 ini, lebih banyak negara yang ikut dalam arak-arakan festival bunga Tomohon,” kata Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Pesertanya ada yang berasal dari Tiongkok, Australia, New Zealand, Hongkong, Rusia, Amerika, Perancis, Thailand dan Filipina. Karena itu, acara ini pasti seru, dan tidak lama lagi, mulai minggu depan.

Namanya juga pawai, pasti akan menjadi ajang selfie dan pengambilan video oleh masyarakat, karena momentum ini hanya setahun sekali.

“Jangan lupa up load di media sosial, promosikan keindahan Tomohon, foto-foto, video dan destinasi wisata yang ada,” kata Arief Yahya.

”Acara ini bakal jadi tontonan gratis bagi masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara yang berlibur ke Tomohon. Festival berskala internasional ini akan menghadirkan banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Target Sulawesi Utara untuk wisatawan mancanegara sekitar 1 juta, Tomohon optimis bisa meraih 10 persennya lewat Festival Bunga Tomohon ini,” tambah Walikota Tomohon, Jimmy F Eman.

Kata Jimmy, perhelatan ini juga akan berdampak baik dan besar bagi Tomohon dan masyarakatnya.

”Imbas positifnya adalah berdampak luas bagi perekonimian, jasa dan barang di kota kami,” ujar Jimmy optimis. Dari laporan panitia, imbuh Jimmy, kehadiran peserta mancanegara tahun ini memang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Negara-negara itu sudah memiliki desain sendiri dari mereka sendiri, termasuk beberapa bunga khasnya yang hanya ada di Tiongkok, Australia, New Zealand, Hongkong, Rusia, Amerika, Perancis, Thailand dan Filipina.

Agar persiapan semua berjalan lancar, semua jajaran melakukan persiapan dengan matang agar acara tersebut mampu berjalan sukses. Kapolres Tomohon, AKBP Monang Simanjuntak , bersama petinggi TNI serta Pemkot Tomohon, memimpin rapat koordinasi untuk mempersiapkan acara di atas di Aula Mapolres, Jumat (29/7/2016).

Menurut Monang, dalam event nanti yang harus diperhatikan serius adalah arus lalu lintas kendaraan, sehingga semuanya harus ditata sebaik mungkin.

“Jika tidak ditangani dengan baik, maka akan terjadi kemacetan di berbagai lokasi, kita harus buat nyaman wisatawan,” ujar Monang.

Kapolres Tomohon mengajak pihak terkait tetap bersinergi dan berkoordinasi demi suksesnya kegiatan.

“TIFF gaungnya akan mendunia. Mari kita bekerjasama demi Kota Tomohon yang kita cintai,” kata Monang.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Mariam Rau menambahkan,  bahwa Tomohon International Flower Festival diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan destinasi-destinasi wisata di Kota Tomohon. Semakin banyak promosi yang dilakukan, wisatawan semakin tahu potensi wisata yang tidak kalah menarik dibanding daerah lain.

Bukan itu saja, persiapan lainnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tomohon juga sudah rutin menggelar road show Tomohon International Flower Festival (TIFF) di beberapa Mall besar di Batam, beberapa waktu lalu. Mengapa promosi digeber di Batam ? Dalam road show tersebut,

Sekretaris Daerah Kota Tomohon Arnold Poli mengatakan, Kota Batam dipilih sebagai sebagai tempat pelaksanaan road show berdasarkan label Great Batam yang termasuk dalam 3 greaters (Jakarta, Bali dan Batam) oleh Kementerian Pariwisata sebagai barometer kunjungan wisata terbesar di Indonesia.

Wakil Walikota Tomohon, Syerly Sompotan mengatakan perhelatan nanti diharapkan menjadi ajang yang efektif dan efisien dalam memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata Kota Tomohon beserta industri pendukungnya serta dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat terkait usaha ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tumbuhnya usaha pariwisata dan ekonomi kreatif serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM.

“Pelaksanaan TIFF merupakan strategi dan upaya Pemerintah Kota Tomohon untuk lebih memantapkan image Kota Tomohon sebagai Kota Bunga sekaligus destinasi unggulan tujuan wisata Indonesia. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dan stakeholder yang telah ikut berpatisipasi atas pelaksanaan road show ini mulai dari Kementerian Pariwisata dan juga Pemerintah Kota Batam, semoga nanti ketika acara berjalan lancar dan sukses mendatangkan banyak wisatawan,” ujarnya.

Kota Tomohon berada di 22 km dari Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Kondisi tanah yang subur dan udara yang sejuk membuatnya cocok untuk membudidayakan berbagai jenis bunga dan sayuran.Kota ini dikenal sebagai penghasil bunga. Saat musim berbunga tiba maka di sinilah tempat bunga-bunga indah bermekaran bahkan taman di rumah penduduk lokal dapat turut Anda nikmati.(*)

Berikut Agenda TIFF 2016 :

4 Agustus 2016:
– Lomba Paduan Suara Kebersamaan Pelsus GMIM dan Paduan Suara Kebersamaan Antar Denominasi Agama se-Kota Tomohon (Hari I) di Gedung Gereja Kanisah Utara Jemaat Petra Kinilow.

 5 sampai 6 Agustus 2016:
– Festival Geotermal di Danau Linow, Kelurahan Lahendong.
– Lomba Paduan Suara Kebersamaan Pelayan Khusus GMIM dan Paduan Suara Kebersamaan Antar Denominasi Agama se-Kota Tomohon (Hari II) di Gedung Gereja Kanisah Utara Jemaat Petra Kinilow.
– The 2nd Tomohon Linow Lake 10K start lapangan eks Rindam Kakaskasen Finish Danau Linow Lahendong.

7 Agustus 2016:
– Thanksgiving Day.

8 – 10 Agustus 2016:
– Tournament of Flowers dan Flower Fashion Carnival start eks Rindam Kakaskasen Finish Stadion Babe Palar Walian.
– Dinner (Belakang Panggung Utama).
– Panggung Hiburan.
– Kebaktian Kebangunan Rohani.
– Festival Kuliner (Belakang Panggung Utama).
– Pembukaan Pameran (Tourism, Investment, and Floriculture Expo) dan Pegelaran Seni Budaya Nusantara (Kolaborasi Musik Etnik feat. Musik Kontemporer) Stadion Babe Palar Walian.
– Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo Stadion Babe Palar Walian.
– Festival Seni Budaya Lomba Maengket antar SD tingkat provinsi/nasional Stadion Babe Palar Walian.
– Festival Seni Budaya Lomba Maengket antar SMP tingkat provinsi/nasional Stadion Babe Palar Walian.
– Festival Seni Budaya Lomba Maengket umum/sanggar/SMA/sederajat tingkat provinsi/nasional Stadion Babe Palar Walian.

11 Agustus 2016:
– Festival Seni Budaya (lomba kolintang antar SD tingkat provinsi/nasional) Stadion Babe Palar Walian.
– Festival Seni Budaya (lomba kolintang antar SMP tingkat provinsi/nasional) Stadion Babe Palar Walian.
– Festival Seni Budaya (lomba kolintang umum/sanggar/SMA/sederajat tingkat provinsi/nasional Stadion Babe Palar Walian.

12 Agustus 2016:
– Festival band pelajar tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Stadion Babe Palar Walian).
– Pemecahan Rekor MURI Baca Puisi Bertema Bunga oleh 1000 siswa (tentative).
– Penutupan di Stasion Babe PalarWalian.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Agenda Tomohon International Flower Festival 2016 Di Manado Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/