Latest News
Monday, August 1, 2016

Menengok Upacara Seren Taun di Kab. Kuningan

Upacara Seren Taun di Kab. Kuningan 
Wisata Budaya - Salah satu wisata budaya yang menjadi potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat adalah Upacara Seren Taun. Upacara adat Sunda ini merupakan ungkapan syukur dan doa atas suka duka di bidang pertanian selama setahun yang telah berlalu dan tahun yang akan datang. Saat ini Upacara tak hanya sebagai ungkapan syukur tetapi juga sebagai ajang pelestarian budaya.

Padi dianggap sebagai lambang kemakmuran karena daerah Cigugur, Kuningan pada khususnya dan daerah di Jawa Barat pada umumnya merupakan daerah pertanian.

Upacara Seren Taun dilaksanakan setiap tanggal 22 Bulan Rayagung (bulan terakhir dalam perhitungan kalender Sunda) atau berdekatan dengan Hari Raya Idul Adha dalam kalender Hijriyah umat Muslim.

Ritual dan atraksi seni serta budaya pada Upacara Seren Taun, antara lain : upacara ngajayak (menjemput padi), upacara penumbukan padi, penuturan kisah klasik pantun Sunda, dan Tari Buyung yang menggambarkan rasa syukur masyarakat Sunda terhadap limpahan air dari Tuhan YME.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Upacara Seren Taun di Kab. Kuningan Rating: 5 Reviewed By: PLH Silajara