Friday, September 2, 2016

Penghargaan Buat Lomba Menulis Wisata Pesona Bahari

Menpar Berikan Penghargaan pada Wartawan Pemenang Lomba Menulis Wisata Pesona Bahari
PLH Indonesia ---Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan penghargaan kepada wartawan sebagai pemenang Lomba Menulis Wisata Bahari, Piala Menteri Pariwisata “Anugerah Pesona Bahari” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Selasa malam (30/8). .

Pemberian penghargaan kepada pemenang lomba menulis wisata bahari untuk kedua kalinya ini sebagai apresiasi terhadap karya tulis para wartawan yang turut serta mempromosikan kepariwisataan nasional, khususnya wisata bahari yang ditetapkan sebagai program unggulan kepariwisataan nasional dalam rangka mendukung target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus) di tanah Air pada 2019 mendtang.

Menpar Arief Yahya mengatakan, potensi wisata bahari Indonesia yang sedemikian besar belum menghasilkan kunjungan wisman yang maksimal. “Saat ini hanya sekitar 1 juta wisman yang melakukan wisata bahari, kita harapkan akan naik 4 kali lipat pada tahun 2019 mendatang. Untuk ini perlu promosi yang gencar di antaranya melalui kegiatan lomba menulis yang diikuti para wartawan seluruh Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya sesuai memberikan piala dan hadiah kepada pemenang lomba.

Menpar Arief Yahya mengatakan, kegiatan lomba ini untuk memacu para wartawan untuk lebih sering lagi menulis tentang pariwisata Indonesia, khususnya wisata bahari. Lomba menulis wisata bahari antar wartawan se-Indonesia ini sebagai sarana promosi yang efektif.

Melalui tulisan para wartawan peserta lomba, potensi wisata bahari yang dimiliki Indonesia akan lebih menggaung, termasuk daerah tujuan wisata bahari yang tersebar di seluruh pelosok tanah air dapat terpromosikan. “Selain itu, diharapkan kegiatan ini bisa meningkatnya peran wartawan media massa nasional maupun daerah secara berkesinambungan menjadikan informasi pariwisata sebagai rubrik yang selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia dan dunia internasional,” kata Arief Yahya.

Menurut Ketua Panitia Lomba, Tri Wibowo, Lomba Menulis Wisata Bahari ini selaras dengan konsep Nawacita, Presiden Joko Widodo yang salah satunya menitik beratkan pembangunan maritim Indonesia. “Lomba ini diharapkan juga menjadi momentum untuk membangkitkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Menuju kesana perlu dibangkitkan dulu semangatnya di dalam negeri melalui tulisan di media massa agar masyarakat tergugah,” kata Tri Wibowo.

Tri Wibowo mengatakan, peminat lomba menulis wisata bahari yang berhadiah total Rp 500 juta pada tahun ini meningkat. Tercatat sebanyak 367 artikel wisata bahari yang telah terbit di media masing-masing masuk kemeja Dewan Juri, sedangkan pada tahun lalu hanya 209 artikel. Dewan Juri terdiri ; Didien Junaedy (Ketua GIPI/Sekjen Gahawisri); Raymond T. Lesmana (Praktisi Bahari); Prof. Krishna Nur Pribadi (Dosen/Akademisi); Arifin Hutabarat (Media); dan Esthy Reko Astuty (Pemerintah/Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar).

Artikel yang masuk ke Dewan Juri kemudian diseleksi dan akhirnya ditetapkan sebanyak 15 pemenang dengan kategori; Media Cetak Surat Kabar (5 pemenang; kuara I, II, III, harapan I, II); Media Cetak Majalah (5 pemenang; juara I, II, III, harapan I, II); dan Media Online (5 pemenang; juara I, II, III, harapan I, II). Setiap pemenang mendapatkan uang tunai dan Piala Menteri Pariwisata, sedangkan satu pemenang untuk kategori best of the best adalah yang mendapatkan nilai tertinggi dari ketiga kategori tersebut. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Penghargaan Buat Lomba Menulis Wisata Pesona Bahari Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/