Wednesday, October 16, 2013

Inilah 6 Gunung Di Indonesia Untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung kita tahu adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Tetapi jangan kemudian Anda kawatir, karena di Indonesia memiliki beberapa gunung bagi pendaki pemula. Ada beberapa gunung yang tidak terlalu tinggi di tambah jalur pendakian yang cenderung landai dan juga ada yang menyediakan arena outbound untuk keluarga. Dan inilah 6 gunung di Indonesia untuk pendaki pemula.

1. Gunung Papandayan
Dengan ketinggian 2.665 Mdpl, Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki trek yang cenderung landai. Anda bisa mendirikan tenda di Pondok Salada danTegal Alun. Pondok Salada berupa tanah lapang dan padang Edelweis yang luas.
www.belantaraindonesia.org

Dari sini, Anda bisa melihat langsung Hutan Mati yang dipenuhi pohon - pohon mati tanpa daun. Tegal Alun mirip Alun - alun Suryakencana di Gunung Gede, tanah luas yang dipenuhi bunga Edelweiss saat musim hujan. Untuk mencapai Pondok Salada,Anda hanya perlu trekking selama sekitar 2 jam, lalu 3 jam hingga Tegal Alun.

2. Gunung Putri
Berkemah di Gunung Putri di Cihideung, Bandung cocok bagi pemula atau Anda yang ingin melepas penat menikmati panorama alam yang hijau. Jika ingin merasakan alam liaryang sebenarnya, Anda dapat berjalan lebih jauh sekitar 3 km ke arah gunung

www.belantaraindonesia.org

Saat trekking ke Gunung Putri, Anda akan disuguhkan pemandangan hamparan luas perkebunan teh, lalu melalui beberapa jurang, tebing, dan curug yang masih asri. Jangan lupa membawa makanan yang praktis dimasak, serta jaket karena cuacanya cukup dingin.

3. Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango membentang di 3 wilayah: Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Inilah gunung favorit para pendaki saat akhir pekan. Gunung ini cocok bagi pemula. Meski demikian, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango masih sangat terjaga keasliannya.

www.belantaraindonesia.org

Pengelola setempat melarang pendaki meninggalkan sampah saat naik ke dua gunung ini. Kelengkapan alat pendakian juga akan di cek petugas sebelum Anda mulai mendaki. Hamparan padang Edelweiss di Alun - alun Suryakencana dan Alun - alun Mandalawangisangat memanjakan mata! 

4. Gunung Ijen
Gunung Ijen di Banyuwangi yang terkenal dengan kawah yang memesona. Bagi pemula, gunung ini patut coba didaki karena cukup menantang dengan kemiringan 60 derajat pada dinding kawahnya. Puncak Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 Mdpl.

www.belantaraindonesia.org

Jangan lupa siapkan stamina dan kamera untuk memotret keindahan Kawah Ijen. Ada baiknya bila Anda tidak memakai sendal jepit selama berjalan di Kawah Ijen. Utamakan keselamatan! Dari dekat, Anda dapat melihat kawah dengan asap belerang yang mengepul.

5. Gunung Bunder
Gunung Bunder berada di Bogor, Jawa Barat. Ketinggiannya antara 750-1.050 Mdpl. Kawasan ini terkenal oleh banyaknya curug ( air terjun ) yang dekat dengan jalan raya, sehingga mudah dijangkau. Anda bisa mendirikan tenda di Bumi Perkemahan Gunung Bunder. Di sini ada fasilitas outbound yang bisa diikuti oleh Anda dan keluarga.

www.belantaraindonesia.org

Untuk mencapai Gunung Bunder, Anda bisa bertolak dari Kota Bogor menuju ke arahInstitut Pertanian Bogor ( IPB ) kampus Dramaga. Lalu perjalanan dilanjutkan ke arah Ciampea, Cibungbulang, kemudian sampailah Anda di Gunung Bunder.

6. Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba di Yogyakarta atau dikenal dengan Gunung Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta memiliki medan yang tidak terlalu berat dan terjal. Di sinilah Anda mendaki dan melihat cantiknya Kota Gudeg dari ketinggian.

www.belantaraindonesia.org

Trek yang mudah dilalui membuat gunung ini aman bagi pendaki pemula. Meski begitu, Anda harus berhati - hati saat melangkah di bebatuan besar. Jarak tempuh dari pos keamanan sampai puncak gunung kurang lebih 1,5 jam. Selain itu, terdapat 5 Pos untuk Anda beristirahat selama perjalanan dari kaki gunung sampai puncak.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah 6 Gunung Di Indonesia Untuk Pendaki Pemula Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad