Monday, December 2, 2013

Menengok Lembah Harau dan Ngalau Payakumbuh, Sumatera Barat

Sejuk dan menyegarkan itu yang akan terbayang dibenak kita saat mendengar kata air terjun, tapi bukan hanya itu yang kita temui disini. Berada di Kota Payakumbuh – Sumatera Barat jika kita melihat sekeliling nampak oleh kita tidak ada pemandangan pegunungan atau bukit disekitar kota, tetapi tidak jauh dari sana terdapat sebuah wisata panorama alam yang jarang sekali didengar oleh orang banyak namanya air terjun arau.

Saat memasuki jalan desa ke tempat wisata, anda akan disuguhi pemandangan layaknya lukisan seperti berada di perbukitan china ala film kungfu. Entah bagaimana tebing-tebing itu terbentuk dengan warna yang indah diselimuti oleh awan yang tipis mengalir di antara pepohonan pada permukaan bukit.


 



Dan yang lebih mengagumkan adalah terdapat celah tebing yang membentuk air terjun. Awalnya terpikir hanya ada satu air terjun, ternyata disetiap tebing memiliki air terjun dengan masing-masing keunikannya. Arau begitu indah begitu mempesona, semakin ingin mendekat ke salah satu air terjun yang ada di sini. Sepanjang perjalanan terlihat beberapa wisatawan lokal dan yang menarik adalah ada dua orang back packer asal luar yang berjalan kaki sambil menghela kesegaran udara yang ada di sini.

Sesampainya di bawah air terjun, pemandangan tebing yang tinggi diselingi tumbuhan yang menempel pada celah tebing seperti mengucapkan “selamat datang di bumi”. Percikan dari tumpahan air terjun yang tak ada habisnya menyejukkan jiwa dan pikiran. Bagian yang menarik adalah terdapat jalan yang melintas di depan air terjun tetapi tidak tergenang oleh tumpahan airnya, meskipun jalan tersebut tidak berbentuk jembatan tetapi air tetap mengalir di bawah jalan itu ke arah sungai yang berada di bawah tebing di depannya.


Jika anda ingin menghabiskan waktu berwisata ke china untuk mendapatkan pemandangan perbukitan alami sebaiknya urungkan niat anda karena di sini jauh lebih memukau dan lebih indah tentunya dengan biaya yang lebih terjangkau. Pesona panorama alam ciptaan-NYA lebih indah berkali lipat dibandingkan tempat wisata buatan tangan manusia, jadi kenapa tidak mencoba untuk datang ke sini dan dapatkan pengalaman baru di sini.

lembah harau

lembah harau


lembah harau


lembah harau

lembah harau

waterfall lembah harau

lembah harau
lembah harau
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Lembah Harau dan Ngalau Payakumbuh, Sumatera Barat Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad