Wednesday, January 14, 2015

Wisata Trekking Di Gunung Merapi

Lokasi : Puncak Gunung Merapi
Sebuah perencanaan dari pihak Taman Nasional Gunung Merapi untuk menjadikan wisata trekking melewati jalur selatan pendakian Gunung Merapi dari Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang ditutup sejak 2006.

Jalur pendakian Gunung Merapi melalui selatan kondisinya masih berbahaya pascaerupsi 2006 dan 2010, untuk itu jalur pendakian akan lebih diarahkan sebagai jalur wisata trekking.

Nantinya jalur yang akan dibuka itu melewati Sungai Kuning, kemudian juga melewati Watu Kemloso. Hamparan batu yang bentuknya unik, bekas terkena awan panas saat terjadinya erupsi. 

Jalur trekking ini akan menarik bagi wisatawan, terutama turis mancanegara. Membuka jalur trekking termasuk salah satu program untuk meningkatkan wisata alam di wilayah TNGM. Selain itu juga pemberdayaan masyarakat sekitar pastinya akan berpengaruh.

Jalur pendakian Merapi dari wilayah selatan juga masih berpotensi untuk dibuka. Namun, masih menunggu ekosistem alam di sekitarnya pulih kembali. 

Jalur pendakian Merapi dari selatan saat ini masih berbahaya. Pendakian hanya sampai pos dua saja. Medan tersebut, banyak titik jurang. Terlebih, tumbuhan yang hidup di sekitarnya juga masih semak - semak. Jika salah injak semak - semak, bisa saja itu jurang
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Wisata Trekking Di Gunung Merapi Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/