Sunday, March 29, 2015

Mengenal Museum Sumatera Utara, Medan

Museum Negeri Propinsi Sumatera Utara
Museum Negeri Propinsi Sumatera Utara ini diresmikan sejak tanggal 19 April 1982, namun peletakan koleksi pertama dilaksanakan olh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno pada tahun 1954 berupa makara. Oleh karenanya, museum ini juga dikenal dengan nama Gedung Arca. Terletak tidak jauh dari Bandara Polonia, yaitu sekitar 3 km, atau 25 km dari pelabuhan laut Belawan, Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara ini mudah dijangkau. Museum ini terletak di Jl. H.M. Joni No. 15, Medan.

Berdiri di atas bangunan seluas 10.468 meter persegi, museum ini terdiri dari dua bangunan induk yang diklasifikasikan ke dalam partisi ruang berdasarkan fungsinya. Ruang-ruang tersebut dikelompokkan menjadi ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audiovisual/ceramah, ruang Kepala Museum, tata usaha, ruang seksi bimbingan, perpustakaan, ruang mikro film, ruang komputer, dan gudang. Bila dilihat dari arsitektur bangunannya, bangunan induk museum dirancang seperti rumah tradisional daerah Sumatera Utara. Di bagian atap depan terdapat beberapa ornamen khas berbagai macam etnis, seperti Melayu, Batak Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Pakpak, dan tidak ketinggalan Nias.

Berdasarkan koleksi museum yang terdapat di Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara ini, museum ini termasuk dalam kategori museum umum. Sebagian besar koleksi museum ini merupakan berbagai macam benda peninggalan sejarah budaya yang berasal dari Sumatera Utara. Berikut ini adalah pengklasifikasian koleksi-koleksi yang terdapat di museum ini.

Museum Sumatera Utara, juga dikenal dengan nama Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara, merupakan museum terbesar dan salah satu yang terpenting di provinsi Sumatera Utara. Berdiri di atas lahan seluas 10.468 m2, Museum Sumatera Utara menampilkan berbagai koleksi menarik yang berhubungan dengan geologi, budaya, kesenian, dan sejarah perjuangan di Pulau Sumatera khususnya di wilayah Sumatera Utara.

Terdapat sedikitnya 9.000 koleksi di Museum Sumatera Utara yang terletak di kota Medan. Di museum ini, pengunjung bisa menyaksikan gambaran dan teori pembentukan Pulau Sumatera, replika fosil manusia purba, diorama kehidupan masa prasejarah, serta arca peninggalan masa kerajaan Hindu-Buddha. Museum Sumatera Utara juga menyimpan lukisan dan foto para pahlawan asal Sumatera serta mantan-mantan gubernur yang pernah memimpin Sumatera Utara.

Alamat Museum Sumatera Utara:
Jl. HM Joni No. 51, Teladan Barat
Medan 20217
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Museum Sumatera Utara, Medan Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/