Thursday, May 21, 2015

Menengok Al-Qur'an Raksasa Di Masjid Raya Makassar

Mesjid Raya Makassar
Saya jalan-jalan ke Makassar tahun 2010 lalu. Sudah lama memang. Dan nggak terlalu banyak objek wisata yang bisa saya kunjungi. Salah satunya adalah Masjid Raya Makassar.

Berdasarkan bacaan saya di beberapa tulisan, Masjid Raya Makassar ini dibangun tahun 1947 diprakarsai oleh KH. Ahmad Bone. Masjid Raya Makassar kemudian selesai dibangun dan diresmikan pada tahun 1949. Dengan luas lahan sekitar 13.000 meter persegi dan memiliki daya tampung 60.000, diyakini pada masaa itu sebagai Masjid terbesar se-Asia Tenggara.

Lokasi Masjid Raya Makassar ini di Jalan Bulusaraung. Entah bagaimana caranya menuju Masjid ini dengan kendaraan umum, karena saya dijemput dan diantarkan oleh seorang teman.

Al-Qur'an yang berukuran besar yang terletak di Mesjid Raya Makassar
Jusuf Kalla, mantan wakil presiden asal Makassar, disebut-sebut sebagai salah satu yang memberikan banyak dana untuk pembangunan Masjid Raya Makassar ini. Dengan dua lantai dan menara setinggi 66,66 meter, Masjid Raya Makassar ini sekaligus adalah kantor MUI Sulawesi Selatan.

Di dalam Masjid Raya Makassar, bisa ditemui Al Quran raksasa. Berukuran 1 x 1,5 meter dan berat lebih dari 500 kilogram, Al Quran raksasa tersebut dibingkai dalam kaca
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Al-Qur'an Raksasa Di Masjid Raya Makassar Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/