Sunday, September 29, 2024

Air Terjun Sarasah Bunta Terkini

Air Terjun Sarasah Bunta Terkini

Air Terjun -
Lembah Harau sejak dahulu sudah menjadi primadona para wisatawan lokal Indonesia. Lembah mempesona ini terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Hanya butuh 3 jam perjalanan dari ibukota Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang dan 4 jam perjalanan dari ibukota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru.

Setiap tahunnya objek-objek wisata Lembah Harau terbaru selalu bermunculan, mulai dari wisata alam, wisata penginapan seperti glamping dan villa, dan lain sebagainya.

Namun yang selalu menjadi tujuan wisatawan adalah air terjun-air terjun eksotis Lembah Harau, salah satunya Air Terjun Bunta atau dikenal juga Sarasah Bunta.

Sarasah Bunta tercatat dalam sejarah, pertama kali dibuka tanggal 14 Agustus 1926 oleh Pemerintah Hindia Belanda, yang diwakilkan Asisten Residen Lima Puluh Kota, F. Rinner bersama Tuanku Laras Datuk Kuning Nan Hitam serta Asisten Demang Datuk Kodoh Nan Hitam. Bukti pembukaan air terjun ini terukir pada sebuah prasasti penanda. Hal ini mengisyaratkan keindahan air terjun Bunta.

Seperti dijelaskan sebelumnya, walau tidak masuk kategori objek wisata Lembah Harau terbaru, karena air terjun ini sudah lama ada, namun Sarasah Bunta tetap menjadi salah satu destinasi eksotik dan ramai dikunjungi wisatawan.

Akses utama menuju Sarasah Bunta ini adalah jalan raya yang mengelilingi Lembah Harau, namun lokasi air terjun ini tidak berada di tepi jalan raya. Butuh beberapa menit jalan kaki ke agar sampai ke lokasi, sehingga keindahannya tidak terlihat dari kejauhan. Tetapi ini akan membuat rasa kagum semakin bertambah kala sudah berada di depan salah satu air terjun ini.

Sarasah Bunta ini memiliki perkiraan ketinggian 150-200 M, bagian kolam telaga di bawah air terjun terdapat bebatuan berlumut, berundak-undak, berunta-unta. Saat buliran air jatuh dan menghantam bebatuan menciptakan pemandangan dramatis. Sarasah Bunta ini lokasinya dikelilingi oleh pepohonan-pepohonan menjulang. Tak salah air terjun ini dapat dikatakan salah satu air terjun terindah, seperti surga kecil. Selain karena tebing-tebingnya yang indah, juga panorama di sekitar lokasi air terjun ini yang hijau dan asri.

Sarasah ini sangat cocok dijadikan lokasi untuk rehat, menikmati pemandangan alam, menghirup udara segar, mendengarkan kicauan burung dan suara-suara monyet. Pas bagi Anda yang mencari tempat liburan dengan nuansa alam.

Dan kabar baiknya, lokasi Sarasah Bunta ini juga dekat dengan Bukik Soriak Resort dan udah diakses dengan berbagai macam kendaraan. Ketiga Sarasah menyajikan pemandangan alam yang akan menyejukkan mata

Air Terjun Sarasah Bunta Terkini

Air Terjun Sarasah Bunta Terkini


Next
This is the most recent post.
Older Post
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Air Terjun Sarasah Bunta Terkini Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/