Wednesday, March 27, 2013

Menteri PU Dukung Pembangunan Kebun Raya Batam



Pembangunan Kebun Raya Batam didukung penuh oleh Menteri Pekerjaan Umum, Joko Irmanto. Ia berharap BP Batam dan Pemko Batam segera mengajukan rencana pembangunan Kebun Raya tersebut.
Selain untuk konservasi tumbuhan, di Kebun Raya Batam juga akan dibangun rumah adat provinsi se Indonesia. Sayangnya, hingga saat ini Joko mengaku belum tahu desain Kebun Raya Batam yang menurut rencana akan dibangun di kawasan Nongsa tersebut.
“Belum tahu (desain). Nanti kalau sudah siap, silahkan diajukan sama saya. Kalau bisa (anggaran) tahun depan. Kita lihatlah nanti,” kata Joko Irmanto usai menghadiri Seminar nasional bendungan di Harmoni One, Batam, siang tadi (27/3).
Sementara itu Kepala BP Batam Mustofa Widjaja mengatakan, di atas lahan itu akan ditanami tumbuhan langka yang ada di Kepri. Bahkan jika mengijinkan, di Taman Raya Batam juga akan dikembangkan juga tanaman langka di Indonesia.
Direncanakan   pengelolaan Kebun Raya Batam ini akan dikelola badan tersendiri. Terkait dengan desain kebun raya, saat ini sedang disiapkan bersama Pemko dan LIPI.
Kepala Dinas Tata Kota Gintoyono mengatakan Kebun Raya Batam tersebut akan dibangun di atas lahan 80 hektar dengan anggaran sekitar Rp 800 Miliar. Rencananya Kebun Raya Batam ini akan dibangun di seputaran kawasan terminal ferry internasional Nongsapura.
“Itu akan dijadikan hutan kota dan ini sangat penting untuk warga yang ada di Kota Batam. Ini juga atas usulan dari masyarakat kota Batam,” Kata Gintoyono.(ian)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menteri PU Dukung Pembangunan Kebun Raya Batam Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad