PLH Indonesia :
Home » » Pantai Dibalik Tandusnya Gunung Kidul

Pantai Dibalik Tandusnya Gunung Kidul

Thursday, 25 April 2013 | 0 komentar

Eksotisme Pantai Dibalik Tandusnya Gunung Kidul

Pernah mendengar daerah Gunung Kidul? Iya, salah satu kabupaten di provinsi DIY Jogjakarta yang terkenal dengan kondisi alamnya yang tandus. Tapi dibalik tandusnya alam serta sulitnya mendapatkan air, Gunung Kidul menyimpan pesona pantai-pantai yang sangat indah. Hemm, benarkah seperti itu?
Kabupaten Gunung Kidul, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibukotanya adalah Wonosari. Kabupaten ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di utara dan timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat. Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu. Sebagian wilayah Gunung Kidul merupakan daerah tandus, dimana pada musim kemarau sering terjadi bencana kekeringan. Tapi dibalik itu semua Gunungkidul mempunyai potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama wisata pantai yang eksotik.

Kalau kamu mengenal Yogyakarta, suda tentu tahu soal pantainya yang terkenal yaitu Parangtritis dan Depok. Memang kedua pantai tersebut memiliki daya tarik tersendiri, apalagi Pantai Parangtritis, memiliki cerita yang legendaris terkait dengan cerita Nyi Roro Kidul. Tapi pernahkah kamu dengar wisata pantai di daerah Gunung Kidul? Salah satu kabupaten di propinsi DIY ini sebenarnya memiliki potensi wisata pantai yang tak kalah menarik, di sana berderet lokasi-lokasi pantai dengan panorama masing-masing yang berbeda satu sama lain, sehingga tidak melihat suasana pantai yang itu-itu aja.

Sebut saja mulai dari Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Kukup dan Pantai Baron yang terkenal dengan pelelangan ikannya. Itu baru sebagian pantai yang sudah terkelola dengan baik, belum lagi pantai-pantai kecil yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan. Pantai Krakal contohnya, memiliki bibir pantai yang cukup lebar dengan pasir berwarna putih dan ombak yang relatif tenang akan membuat anda merasa nyaman dan pemandangan yang masih alami akan membuat kamu melupakan sejenak kesibukan kerja.

Nah, untuk mencapai ke pantai-pantai indah itu, dari kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 2-2,5 jam. Namun jangan khawatir karena disepanjang perjalanan kamu akan menikmati pemandangan alami berupa bukit kapur putih di saat musim kemarau dan bukit hijau saat musim penghujan. Untuk bisa menikmati wisata pantai yang nyaman dan tenang, pastikan kamu memilih waktu kunjunagn di luar musim puncak liburan.

Pantai Sundak
Eksotisme Pantai di Gunung Kidul
Pantai Sepanjang
Eksotisme Pantai di Gunung Kidul
Pantai Siung
Eksotisme Pantai di Gunung Kidul
Pantai Krakal
Eksotisme Pantai di Gunung Kidul
Pantai Baron


Eksotisme Pantai di Gunung Kidul
Pantai Drini
Eksotisme Pantai di Gunung Kidul
Pantai Nguyahan
Eksotisme Pantai di Gunung Kidul
Pantai Ngobaran
Eksotisme Pantai di Gunung Kidul
Pantai Ngungap



Untuk memudahkan perjalanan kamu, berikut informasi alat transportasi menuju lokasi:
1. Jalur darat : Bis bisa digunakan untuk menuju ke objek wisata ini, bagi kamu yang berasal dari kota Jogja bisa langsung menuju terminal Giwangan (Jogja) kemudian disambung lagi dengan bus jurusan Wonosari, setelah sampai di terminal Wonosari kamu bisa naik lagi bus ke arah Tanjung Sari, Tepus dan sekitarnya karena pantai-pantai tersebut berada di kecamatan tersebut. Selain bis kamu juga bisa menggunakan kereta api turun di stasiun Tugu, kemudian dilanjutkan ke terminal Giwangan, kemudian dilanjutkan ke rute yang sudah disebutkan di atas.

2. Jalur udara : Selain jalur darat di atas kita juga bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Adi Sucipto, kemudian dari bandara kamu bisa naik trans Jogja ke jurusan terminal Giwangan, kemudian dilanjutakn dengan rute seperti diatas.

Gimana? Mudah bukan? Dan masih di sekitaran Pulau Jawa. Dijamin pantai-pantai di Gunung Kidul tidak kalah mempesonanya dengan pantai-pantai di Bali dan pastinya kamu bisa merasakan suasana yang berbeda pula. Happy holiday! (berbagai sumber)
Share this article :
 
Support : Modiv Website | Awaluddin, SE | PLH Indonesia
Copyright © 2011. PLH Indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger