Tuesday, June 4, 2013

Bersama Dunia Rayakan Hari Lingkungan Hidup

Dunia kembali merayakan Hari Lingkungan Hidup yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. Perayaan kali ini bertema "Think.Eat.Save. Reduce Your Food print". Mulai dari Mongolia hingga Indonesia, peringatan ini diisi dengan berbagai acara. Mongolia merayakannya dengan flash mob, lomba lari marathon, hingga peluncuran pusat pembangkit listrik tenaga angin pertama di Pegunungan Salhit di Provinsi Tuv yang berlangsung hari ini.
Di Afghanistan, UNEP Afghanistan akan menyelenggarakan pelatihan Sustainable Development Public Private Partnership (PPP) yang akan diselenggarakan di Kabul University untuk membahas topik-topik lingkungan seperti tata kelola sampah, cara mengurangi emisi CO2, sanitasi dan daur ulang.
Di Australia, University of South Wales akan menyelenggarakan debat bersama para tokoh politik, akademisi dan tokoh masyarakat. Acara yang juga melibatkan Oz Harvest dan UNEP ini membahas mengenai apa kebiasaan yang perlu dilakukan dan yang perlu ditinggalkan dalam mengonsumsi makanan. Merici College di Canberra juga akan menggelar pesta dengan konsep bebas limbah yang berasal dari dapur yang ramah lingkungan.
Di Bosnia dan Herzegovina, pemerintah kota Sarajevo akan menyelenggarakan diskusi melibatkan para ahli untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya limbah makanan dan mengajak mereka beralih ke pola makan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
Di Brazil, Academic Development Center (ADEC) akan memromosikan pentingnya nutrisi dalam makanan di wilayah dan komunitas produsen katun organik termasuk di sekolah-sekolah. Murid-murid sekolah yang berusia 10-12 tahun akan berlomba mendesain poster, menciptakan karya seni dan patung guna memromosikan komoditas pangan yang ditanam di antara ladang kapas organik. Kompetisi ini juga membantu mereka memerkenalkan manfaat makanan lokal yang lebih segar dan sehat kepada teman-teman sebayanya.
Di China, Tongji University di Shanghai dan Beijing Green Future Environmental Foundation akan menggelar forum yang berlangsung selama empat hari dengan tema "Food, Health and Sustainable Development". Kedua lembaga ini didukung dan didanai oleh UNEP dan telah merekrut lebih dari 400 mahasiswa dari 40 negara di seluruh dunia.
Perancis akan menyelenggarakan lomba lari dengan tema "Love Your Leftovers" yang mengajak seluruh masyarakat untuk mecintai makanan dan berbagi resep agar tidak ada lagi makanan yang terbuang.
Di Haiti dan Republik Dominika, Kementrian Lingkungan Hidup bekerja sama dengan UNEP dan UNDP akan meluncurkan laporan mengenai kondisi di wilayah perbatasan Haiti dan Republik Dominika sepanjang 380 kilometer yang merupakan wilayah termiskin di wilayah tersebut.
Di India, dari Bangalore hingga Chennai, puluhan ribu anak muda akan turut serta dalam lomba lari dan program tanam pohon yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan masalah-masalah lingkungan dan pentingnya mengurangi makanan yang terbuang.
Di Kenya, lebih dari 2.000 relawan dari Action Green for Trade and Sustainable Development (AGTSD) akan berdemonstrasi damai untuk menyampaikan pesan ke supermarket, restoran dan hotel agar mengurangi makanan yang terbuang guna membantu mengurangi jumlah penduduk dunia yang kelaparan.

Indonesia merayakan Hari Lingkungan Hidup dengan menyelenggarakan Pekan Lingkungan 2013 di Jakarta Convention Centre, Jakarta. Acara ini disponsori oleh Adaro, salah satu produsen batu bara terbesar di Indonesia. Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2013 di Indonesia adalah "Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi untuk Selamatkan Lingkungan".
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bersama Dunia Rayakan Hari Lingkungan Hidup Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad