Wednesday, June 26, 2013

Eksplorasi Potensi Sumber Daya Alam di Gunung Bawakaraeng

By suhardyin Slyr
Indonesia adalah negara yang kaya raya. Potensi kekayaan alamnya sangat luar biasa, baik sumber daya alam hayati maupun non hayati. Bisa dibayangkan, kekayaan alamnya mulai dari kekayaan laut, darat, bumi dan kekayaan lainnya yang terkandung di dalam bumi Indonesia tercinta ini mungkin tidak bisa dihitung. Apabila dilihat secara geografis,dari sabang sampai merauke, terbentang tidak sedikit pulau yang ada di Indonesia. Dengan pulau besar, mulai pulau jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi serta Irian Jaya. Namun disamping itu,terdapat pula ribuan pulau yang mengelilingi alam Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai kekayaan alam yang sangat besar.

Sepengetahuan saya, apabila dipandang dari kacamata geologi, negara Indonesia berada pada lempeng tektonik. Tidak sedikit pegunungan baik gunung yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif mengisi kekayaan alam Indonesia. Pasalnya, banyak kekayaan mineral yang terkandung didalamnya. Pegunungan tersebut melintang dari kota yang terkenal dengan sebutan serambi mekah, Aceh sampai dengan merauke. Mulai dari pegunungan barisan di sumatera hingga pegunungan merauke di pulau Irian. Oleh sebab itu, tekstur bumi Indonesia dengan banyak pegunungan berkontribusi akan kekayaan alam yang sangat melimpah, khususnya kekayaan mineral.

Teknik Geofisika adalah disiplin ilmu dan teknologi untuk mengetahui struktur perlapisan bumi di bawah permukaan bumi. Kami mendukung kebutuhan teknik perminyakan, teknik pertambangan, geoteknik, dan mitigasi bencana alam.

Kami berupaya semaksimal mungkin untuk membentuk sumber daya manusia yang profesional dan berkarakter unggul. kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat berperan untuk mencari dan memetakan potensi sumber daya alam seperti: minyak dan gas bumi, panas bumi dan bahan tambang lainnya. Mari bersama-sama kita membangun negeri Indonesia tercinta dengan memaksimalkan segala potensi sumber daya alam dengan efektif dan berbasis kelestarian lingkungan.

Berikut beberapa foto kegiatan/penelitian Analisis potensi erosi di sekitar Gunung Bawakaraeng dan beberapa foto kegiatan Pemetaan Goa yg kami lakukan di Gua dalam wilayah pegunungan kars Kab. Maros, semoga bermanfaat.

Foto Kegiatan Penelian di sekitar G. Bawakaraeng

Ekspolarasi kawasan Hutan dan Sungai wilayah Sapakeke pegunungan Bawakareng

Pemandangan Alam Panaikkang bekas longsoran Bawakaraeng tahun 2004

Pos VII Bawakaraeng
 
Pada saat Pemanfaatan Navigasi Darat 

Pemandagan Alam Tallung bawakaraeng

Sobat-sobat Mapala geo Angkatan VI

Lagi Istirahat

Pemandangan Alam Panaikkang-Tallung


Pemandangan Alam Bawakaraeng Pos VII

Ekspedisi potensi longsor DAS Takappala

Foto Kegiatan Pemetaan Goa dalam wilayah pegunungan kars Kab. Maros, 






Lokasi Gua Patunuang


Hasil Penelitian belum dapat disampaikan lewat postingan ini, sorry ya sob..


Kami berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara Indonesia dengan mencetak sumber daya manusia yang handal dalam mengeksplorasi potensi sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Eksplorasi Potensi Sumber Daya Alam di Gunung Bawakaraeng Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad