Tuesday, June 25, 2013

Sekarang Indonesia Dalam Kepemilikan Negara Lain

Inilah Letak Kepemilikan Asing di Indonesia 

Indonesia merupakan salah satu negara yang memliki kekayaan sumber daya alam terbesar di dunia.Hal ini tentu sudah diketahui oleh kitasemua sebagai rakyat Indonesia.Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke banyak didapati pegunungan, baik yang masih aktif atau pun tidak. Hal ini menyebabkan banyak didapati kekayaan mineral yang sangat melimpah. Selain itu, Indonesia memiliki dua musim, yaitu kemarau dan hujan. Sehingga, hal ini memberikan keuntungan besar bagi tanaman di Indonesia yang dapat tumbuh cepat dan subur.Selanjutnya, letak Indonesia yang diapit oleh dua Samudera besar, yaitu Samudera Hindia dan Pasifik, serta mayoritas wilayah Indonesia yang merupakan perairan memberikan andil yang sangat besar terhadap kekayaan alam Indonesia, dari mulai berbagai jenis ikan dan juga rumput laut yang menghiasi perairan Indonesia.
Kekayaan alam Indonesia yang berada di dalam tanah terdiri dari Emas,  Batu Bara, Minyak Bumi, Gas Alam, Timah, Tembaga, Nikel , Uranium , Mangan, Marmer, Perak, Batu Mulia, Aspal , dll. Kemudian kita juga masih memiliki kekayaan alam yang berada di atas tanah, diantaranya Sawit, Tembakau, Kayu, Ikan, Kakau/Coklat, Garam, Kopra, Pala, Minyak Goreng, Padi, Karet, Kapas, Kopi, Gula Pasir, Mutiara, Cengkeh, dll.
Dalam Pasal 33 UUD 1945 dikatakan bahwa, “3) Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. “
Begitu indahnya rangkaian kata yang terukir dalam pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 diatas. Berdasarkan fakta melimpahnya kekayaan alam Indonesia, serta aturan undang-undang tersebut, maka kemakmuran serta kesejahteraan di Negara Indonesia akan sangat mudah tercapai. Sudah seharusnya pengangguran, kemiskinan, kelaparan dan lain-lain bukanlah menjadi permasalahan di Negara ini.Akan tetapi, kenyataannya tidaklah demikan.
Permasalahan pengangguran sudah menjadi hal yang sering diperbincangkan. Berdasarkan data, jumlah pengangguran di Indonesia per Pebruari 2012 mencapai 7.61 juta. Belum lagi permasalahan kemiskinan, yang berdasarkan data, jumlah kaum miskin per Pebruari 2012 itu sebesar 117 juta jiwa dari total 240 juta penduduk Indonesia.
Ini semua merupakan permasalahan yang harus kita kaji bersama. Apa sebetulnya yang menjadi akar permasalahan tersebut. Dengan kekayaan alam yang sangat melimpah, masyarakat Indonesia masih begitu jauh dari kesejahteraan. Apakah pemerintah memang buta terhadap konstitusi yang mengamanatkan bahwasanya kekayaan alam harus menjadi milik yang menyejahterakan seluruh rakyat, serta menjadikan kita sebagai bangsa yang mandiri, kaya dan bahagia lahir batin? Ataukah memang ini semua terjadi karena kita, Bangsa Indonesia belum atau mungkin tidak mampu untuk mengelola kekayaan alam yang sangat melimpah ini? Dengan semua kenyataan ini, mungkin bisa dikatakan bahwa, “Sekarang, Tanah Airku, Tanah Airmu, bukan lagi Tanah Air Kita”.
 (Sumber: Nusantara Center)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sekarang Indonesia Dalam Kepemilikan Negara Lain Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad