Tuesday, July 9, 2013

Masjid Gede Kauman, Yogyakarta

Masjid Gede Kauman Yogyakarta
Wisata Religi~Masjid Gede Kauman terletak tidak jauh dari Keraton Kasultanan Yogyakarta atau diseblah barat Alun Alun Utara Yogyakarta. Sedangkan seara administrasi masuk dalam wilayah kampung Kauman, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Masjid ini merupakan Masjid kerajaan, sehingga terbentuknya atau dibangunnya Masjid ini tidak terlepas dari Keraton Kasultanan Yogyakarta.

salah satu aktivitas di dalam Masjid
Masjid ini merupakan masjid raya satu satunya yang berusia lebih dari 200 tahun atau dibangun 18 tahun setelah perjanjian Giyanti Tahun 1755. Dengan arsitekturalnya yang mengacu pada keraton menjadi nilai lebih tersendiri sebagai obyek wisata yang mempunyai nilai sejarah, filosofi serta religi.

Sistem atap yang digunakan Masjid ini adalah system atap tumpang tiga yang mengilustrasikan daun kluwih dan gadha. Sistem atap tersebut mempunyai makna tataran kesempurnaan hidup melalui tiga tahapan yakni  syariat, Makrifat dan Hakekat. Dalam perkembangannya Masjid ini mengalami perubahan terutama pada serambi masjid yang diganti dengan material khusus yang biasa digunakan untuk bangunan keraton hal ini dikarenakan bangunan asli serambi Masjid runtuh akibat gempa pada tahun 1867. Demikian juga untuk lantai yang tadinya berupa batu kali saat ini sudah berganti dengan marmer dari italia. Yang menarik dan unik dari bangunan masjid ini adalah perekatan batu kali putih pada dinding tidak menggunakan semen atau bahan perekat lain dan juga kayu jati sebagai penopang bangunan yang telah berumur 200 tahun lebih.


Halaman Masjid, tampak sejuk dan enak di pandang
Masjid Gedhe Kauman terdiri dari masjid Induk dengan ruang utama sebagai tempat sholat yang dilengkapi dengan tempat imam memimpin sholat atau mihrab. Dibagian kiri belakang terdapat maksuram yang berfungsi sebagai tempat pengamanan raja yakni Sri Sultan jika sholat berjamaah di Masjid Gedhe ini. Maksura ini terbuat dari kayu jati berbentuk bujursangkar dengan lantai marmer yang lebih tinggi dan dilengkapi dengan tombak.Sedangkan mimbar sebagai tempat khotib menyampaikan kotbah jumat berada tidak jauh dari mihrab dengan bentuk singgasana berundak dengan bahan kayu jati berhiaskan ukiran ornament stilir tumbuh tumbuhan dan bunga dengan  prada emas

Selain itu masih terdapat beberapa ruangan dalam ruangan utama yakni Pawestren tempat khusus bagi jamaah putri, yakihun sebagai tempat peristirahatan para ulama, khotib dan merbot, Blumbang atau kolam, sermabi masjid.Saat ini ada beberapa penambahan sebagai ruanngan KUA, Kantor takmir, Pagongan sebagai tempat penyimpanan gamelan sekaten, Pajagan yang terletak kanan dan kiri di dekat gapura pintu masuk, serta regol atau gapura yang berbentuk semar tinandu.



How to get there :

Dengan Trans Jogja jalur 2A, 2B, 3A dan 3 B turun dihalte KHA Dahlan kemudian jalan kaki melalui kampong kauman atau jalur atau turun di halte Senopati kemudian berjalan masuk kearah alun alun utara Yogyakarta atau naik becak.
Dengan Bus kota jalur 4,5,9, 11, 12, 15, 17 bisa turun di Jl. Dekat RS. PKU Muhhamdiyah dan melajutkan perjalanan dengan jalan kaki lewat kampong kauman atau turun di perempatan Kantor Pos Besar kemudian berjalan kaki atau naik becak ke lokasi.
Taksi
Kendaraan Pribadi
Tempat terdekat :

Lokasi lain yang terdekat dan dapat Anda kunjungi diantaranya Museum Kereta Keraton, Museum Sonobudoyo

Hotel terdekat :


Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Yogya Kembali Hotel atau Hotel Mawar Asri

mau jalan2 ke sana?, kami nantikan ya 
plh Indonesia, salam kenal ya 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Masjid Gede Kauman, Yogyakarta Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad