Saturday, September 14, 2013

BELANTARA INDONESIA, TERBUKA UNTUK SEMUA

alam Indonesia semakin layak kita banggakan.

Belantara Indonesia, Organisasi dan Komunitas penggiat alam bebas dan penempuh rimba serta konservasi alam Indonesia ada bagi semua yang mencintai alam Indonesia dan bangga karenanya. Sejak awal berdiri dan diteriakkan di tengah alam Indonesia, yang utama adalah mencari kawan untuk bersama membangun Bumi dan
Tentu kami masih sangat jauh dari kesempurnaan sebagai Komunitas maupun sebagai manusia biasa. Hanyalah Tuhan Yang Maha Sempurna. Sejak kami berdiri pada 14 February 1998 hingga memiliki website sendiri, yakni Belantara Indonesia , yang diresmikan pada akhir bulan Desember 2009 yang kami gunakan untuk berbagi dan mencoba menebar sedikit ilmu pengetahuan kami dibidang kegiatan alam bebas, pendakian gunung terutama, masih banyak hal yang kami rasa tidak atau belum pas bagi sebagian kawan lain di Bumi ini. Jadi kami mohon maaf dan harap maklum dengan keterbatasan kami.

Dan website kami memang sengaja tidak memasang alat anti copy paste, dengan harapan bisa disebarkan oleh pihak lain guna menyebarkan ilmu. Tidak akan rugi dari segi pahala bila senang menyebarkan ilmu yang berguna. Dan tidak ada himbauan dari kami agar menyertakan link kami apabila di copy paste. Semua berdasar keikhlasan semata. Karena kami, Belantara Indonesia terbuka bagi semua. Tanpa kecuali.

Kami juga sadar, ada beberapa artikel kami yang kami sadur dari web lain, dan kami juga sadar ada keharusan secara moral, kami harus menyertakan sumber artikel sebatas kami mengerti sumber asli artikel tersebut walaupun di sana tidak ada himbauan atau keharusan menyertakan nama sumber artikel.

Dan ada satu Web yang kami sebut inisial depannya A dan belakang juga A yang sebenarnya bisa dibilang sudah mapan, masuk di statistik pengunjung kami. Ketika kami kunjungi balik, ternyata ada artikel kami yang entah ada berapa banyak yang berada disana. Dan tanpa sumber darimana dia mendapatkannya. Ya sudahlah, kembali ke awal, Belantara Indonesia terbuka bagi semua.

Tetapi yang membuat mengelus dada dan berpikir sejenak, web tersebut memasang anti copy paste, tidak ada kolom komentar, dan memasang satu himbauan di bawah setiap artikel yang isinya kurang lebih, apabila mengutip artikel web tersebut di HARUSKAN memasang link hidup dan wajib hukumnya. Yang menjadi pertanyaan, pantaskah memberi kolom himbauan yang bernada keras bagi pengutip artikel, sementara web nya sendiri berisi artikel yang dari hasil mengambil dari website lain? Proteksi yang salah menurut kami.

Tapi ya sudahlah, semua bisa menjadi pelajaran bagi kami dan bagi semua. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Dan ingatkan kami apabila ada artikel yang kami ambil tanpa kami sebutkan sumber resminya, tentu akan segera kami perbaiki. Dan jika selama ini ada beberapa kekurangan kami dari segi pelayanan kami dalam dunia alam bebas, kami mohon maaf dan selalu ingatkan kami. Kami akan menerima dengan terbuka.

Kami ingin memiliki banyak kawan, silahkan sambangi BaseCamp kami apabila anda berada di Yogyakarta dan sekitarnya. Beri kami pujian apabila anda suka, dan kritik kami apabila kami jauh dari harapan anda. Belantara IndonesiaTerbuka Bagi Semua.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: BELANTARA INDONESIA, TERBUKA UNTUK SEMUA Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad