Wednesday, September 11, 2013

Inilah Manfat Hiking

Hiking adalah salah satu kegiatan olahraga yang tidak memerlukan dana besar dan bisa membuat pikiran tenang atau relaksasi. Manfaat hiking tidak hanya untuk rekreasi karena Anda akan disuguhi pemandangan yang menarik di sepanjang perjalanan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan dengan banyak menghirup udara segar.

Berikut manfaat hiking atau olahraga berjalan kaki mendaki gunung, yang bisa Anda dapatkan:

Mengatasi obesitas. Hiking membuat Anda menggerakkan seluruh anggota badan sehingga mampu membakar lemak dan olahraga pelawan obesitas.

Mencegah penyakit jantung. Aktivitas jalan kaki secara teratur dapat mencegah penyakit jantung. Hiking yang menyuguhkan Anda aktivitas berjalan kaki diiringi pemandangan yang indah bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat.

Menurunkan kolesterol. Salah satu cara mudah untuk menurunkan kolesterol ialah dengan berjalan kaki dan hiking. Selain mengurangi resiko terkena penyakit jantung, hiking mampu meningkatkan kolesterol baik, HDL.

Menurunkan tekanan darah. Lakukan hiking selama 30 menit dengan melewati track menanjak, maka dapat menjauhkan Anda dari tekanan darah tinggi.

Mengurangi stres dan depresi. Olahraga memang terbukti menjauhkan Anda dari stres dan depresi. Hiking tidak hanya mengembalikan kebugaran tubuh tetapi juga sebagai ajang rekreasi.

Mengembalikan energi. Kembalikan energi Anda dengan rutin melakukan hiking. Otot - otot yang tetap aktif membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari - hari.

Mencegah osteoporosis. Hiking bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatannya. Salah satu jenis olahraga ekstrem ini pun mampu mencegah hilangnya kalsium dan kemungkinan patah tulang akibat osteoporosis.

Suguhkan udara segar. Hiking menyuguhkan Anda udara segar dan belum tersentuh polusi.

Mencegah diabetes. Anda penderita diabetes? hiking bisa menjadi pilihan olahraga yang baik. Hiking mampu mengurangi jumlah insulin Tipe 1 diabetes dan bagi penderita diabates tipe II dapat memberikan pola hidup yang sehat.

Mengobati arthritis. Arthiris atau kelainan sendi dapat diobati dengan rutin menjalani hiking. Berjalan menjadi latihan terbaik untuk penderita arthritis karena mampu memperkuat otot dan meningkatkan dukungan.

Mengatasi nyeri punggung. Berbeda dengan olahraga lainnya, seperti aerobik atau fitnes, hiking membantu membangun kekuatan inti tubuh.

Gerakan aerobik yang lengkap. Hiking menjadi latihan aerobik dengan gerakan yang lebih lengkap karena semua anggota tubuh ikut bergerak.

Meningkatkan percaya diri. Rutin melakukan hiking dapat menyempurnakan bentuk tubuh sehingga meningkatkan percaya diri.

Wawasan bertambah. Olahraga hiking memberikan banyak pengetahuan baru bagi Anda. Tidak hanya dalam masalah jenis pepohonan atau sejarah daerah pegunungan yang Anda lewati tetapi juga mengenai masalah Mountaineering.

Hiking memberikan efek positif bagi sisi psikologis Anda. Tekanan yang dialami di kantor, rumah atau kegiatan sehari - hari dapat diatasi dengan meluangkan waktu berjalan kaki di pegunungan. Menghirup udara segar dan menikmati pemandangan indah.

Lakukan persiapan yang matang sebelum Anda melakukan hiking. Pastikan Anda mengenakan sepatu khusus hiking, pakaian yang nyaman dan membawa perlengkapan seperti P3K serta perbekalan. Jika masih baru dalam masalah hiking, ajaklah beberapa teman yang berpengalaman.

Mulailah hiking dengan track ringan lalu beralih ke yang lebih berat. Anda bahkan bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk hiking sebagai ajang rekreasi keluarga. 

http://www.belantaraindonesia.org
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Manfat Hiking Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad